Sukses

VIDEO: Operasi Yustisi di Taman Bungkul Jaring Ratusan Pelanggar Protokol Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Upaya mencegah penyebaran COVID-19 di Jawa Timur, terus dilakukan petugas gabungan. Di Surabaya, ratusan pelanggar protokol kesehatan terjaring razia, dan dilakukan sidang di area Taman Bungkul-Surabaya.

Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19, atau dikenal dengan Covid Hunter, menggelar razia yustisi di sejumlah titik Kota Surabaya, Rabu malam. Hasilnya, ratusan warga yang tidak menaati protokol kesehatan, dengan tidak memakai masker. 

Sebagai hukuman, mereka dikumpulkan di Taman Bungkul Surabaya, untuk sidang di tempat. Para pelanggar ini diwajibkan membayar denda sebesar Rp 50 ribu. Upaya penegakan protokol kesehatan akan terus dilakukan secara masif di Jawa Timur, untuk menekan penyebaran COVID-19. Alasan lupa masih menjadi dalih sejumlah pelanggar.

"Sebetulnya edukasi, sosialisasi disiplin menggunakan masker itu dari Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, 6 bulan sudah berjalan, jadi untuk mengajak masyarakat supaya patuh dari berbagai regulasi, itu adalah untuk kebaikan kita semua, untuk kesehatan kita, perlindungan kita, keamanan kita dan semuanya, maka penegakan itu kemudian dilakukan antara lain melalui operasi yustisi,” jelas Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur.

Rencananya Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19 terus menggelar razia penegakan protokol kesehatan di seluruh wilayah Jawa Timur, agar kepatuhan seluruh elemen masyarakat pada protokol kesehatan semakin meningkat. Demikian diberitakan pada Liputan6, 17 September 2020.