VIDEO: Sensasi Petik Buah Durian Langsung dari Pohon di Bukit Setepong

VIDEO: Sensasi Petik Buah Durian Langsung dari Pohon di Bukit Setepong

Membeli buah di kebun, dan memetik sendiri, memang menyenangkan. Apalagi kita bisa memilih sendiri, tanpa campur tangan orang lain. Seperti yang ditawarkan seorang petani durian di Madiun, Jawa Timur.

Pengunjung bisa langsung datang ke kebun, memetik, serta makan buah durian langsung, sambil menikmati indahnya panorama alam. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 17 September 2020.

Di Bukit Setepong, Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, inilah sejumlah petani membebaskan pengunjungnya, untuk memilih buah durian yang masih di pohon. Meski demikian, buah durian yang bisa dibeli, hanya yang sudah terlepas dari tangkainya.

Jika buah durian yang masih tergantung di tangkai, itu artinya, buah yang memiliki nama latin durio zibethinus belum matang. Pengunjung juga bisa bertanya kepada petani tentang jenis, maupun rasa masing-masing durian yang akan dibeli.

Sebab, di Bukit Setepong ini, banyak tumbuh pohon durian dengan berbagai jenis. Di antaranya durian kawuk, kunir, super kendil, kendang, dan masih banyak lagi. Namun, dari sekian banyak jenis durian, yang paling diminati adalah durian kawuk. Dimana durian ini, memiliki rasa istimewa, yaitu manis, legit, dan dagingnya yang tebal.

"Tidak pahit, pas dan dagingnya tebal, dibandingkan dengan durian lainnya, sangat sangat enak, dan sangat pas," ungkap Monica Deska Riana, Pengunjung.

Setiap panen, satu pohon durian di sini, mampu menghasilkan 25 sampai 40 buah. Sementara untuk pemasarannya, selain dibeli warga langsung di kebun, petani juga menyetorkan ke sejumlah pedagang di sekitar Madiun.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 September 2020, 10:16 WIB

Video Terkait

Spotlights