Sukses

Maharani Zoo dan Goa, Wisata Asri di Tengah Panas Pantura Lamongan

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan pantai utara (pantura) Lamongan, Jawa Timur merupakan tempat yang jauh dari kata asri, apalagi sejuk. Namun, hal itu tidak berlaku di Maharani Zoo dan Goa yang rimbun dengan pepohonan nan asri.

Bagi warga sekitar Maharani Zoo dan Goa, tempat wisata yang lengkap dengan sejumlah wahan edukasi ini merupakan lokasi yang cocok jadi alternatif jalan-jalan di akhir pekan. Khususnya bagi mereka yang ingin mencari tempat wisata adem bernuansa hutan.

Wisata ini berada di Jalan Raya Paciran, Kecamata Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Lokasinya cukup strategis karena berada tepat di muka jalan raya yang menghubungkan antara Gresik-Tuban via pantai utara Lamongan.

Tempat ini merupakan satu dari tiga wisata unggulan di Kabupaten Lamongan. Dua lainnya adalah Tanjung Kodok Beach and Resort dan Wisata Bahari Lamongan. Ketiganya berada dalam satu kawasan wisata Kecamatan Paciran.

Maharani Zoo lokasinya berhadapan langsung dengan Wisata Bahari Lamongan. Bahkan, sudah disediakan jembatan penyebarangan yang mengintegrasikan kedua tempat wisata ini. Tiket masuknya pun sudah terintegrasi.

Jadi, jika Anda ingin masuk ke dua wisata tersebut sekaligus, Anda hanya butuh memesan satu tiket saja. Meski begitu, jika ingin membeli tiket terpisah pun masih bisa dilakukan.

Dikutip dari maharanizoo.com, Maharani Zoo dan Goa berada di atas tanah seluas 3,5 hektar. Di dalamnya terdapat taman satwa yang berisi beraneka macam hewan, koleksi binatang langka seperti orang utan, wallaby, jerapah, beruang madu, harimau putih hingga singa putih.

Selain taman satwa, tempat ini juga dilengkapi dengan Museum dan Galery satwa yang berada dalam bangunan bergaya unik. Cocok untuk edukasi anak-anak mengenalkan mereka hewan-hewan purba.

"Museum ini terdapat berbagai koleksi fosil dari hewan yang hampir punah seperti ikan paus dan beruang putih. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat Exotic Albino, di mana tempat ini berisi berbagai binatang albino seperti ular, tikus, dan kanguru."

Maharani Zoo dan Goa punya sejumlah wisata unggulan, di antaranya wahana unggulan tempat wisata ini antara lain adalah Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Taman Burung dan Goa Maharani

Bagi pecinta burung, Maharani Zoo juga menyediakan taman buruk dengan koleksi yang cukup banyak. Burung-burung tersebut berasal dari berbagai negara di penjuru dunia yang bisa Anda saksikan langusng di sini.

Saat melihat burung, Anda juga punya pilihan untuk bercengkrama lebih dekat dengan dengan salah satu jenis burung itu, yaitu burung nuri. Bahkan, pemandu burung di sana akan membiarkan burung anek warna itu bertengger di pundak dan bahu Anda.

Sampailah pada inti pada wisata inti dari tempat ini, yaitu Goa Maharani. Nama Maharani sendiri diambil dari nama goa ini, untuk itu goa ini adalah cikal bakal tempat wisata yang kini bernama Maharani Zoo dan Goa.

Ini adalah goa yang sangat estotis. Karya alam ini berbentuk seperti istana di bawah tanah. Dipadu dengan tetesan air dari ujung batu berbentuk lancip pada langit-langitnya, menambah kesan indah pada goa Maharani.

Bahkan, banyak orang mengungkapkan keindahan goa maharani sebanding dengan goa Mamoth yang berada di America Serikat serta goa Calsbad di Perancis.