Sukses

KLB Demokrat Putuskan Moeldoko Jadi Ketua Umum

VIDEO: Indahnya Panorama Puncak Kawah Wurung, Antara Gunung Raung dan Ijen

Liputan6.com, Jakarta - Bentangan padang rumput di lereng pegunungan Desa Jampit, Kecamatan Ijen, Bondowoso, menjadi pintu pendakian menuju puncak Kawah Wurung.

Tak perlu bersusah payah, ratusan anak tangga yang terbuat dari beton, siap menuntun pengunjung menuju puncak Kawah Wurung, Bondowoso dengan aman. Berikut videonya untuk Anda pada Liputan6, 19 September 2020.

Sedikit melelahkan memang, namun perjuangan terbayar begitu Anda mencapai puncak kawah yang memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut ini. Nampak hamparan panorama alam yang memukau, siap menyambut Anda.

Kawah Wurung memang bukan seperti kawah gunung api yang mengeluarkan material panas dari perut bumi. Sebaliknya, dasar kawah ini justru berupa lembah luas yang  ditumbuhi rumput hijau, bak permadani alam.

Dikelilingi deretan pegunungan, termasuk kedua gunung berapi aktif, yakni Raung dan Ijen, lokasi tersembunyi ini semakin mempesona. Bagi yang gemar berfoto, lokasi ini juga sangat tepat, untuk memperoleh sudut-sudut foto yang menawan.

"Yang pertama seru, apalagi kalau pagi langsung ada best view-nya, semalam juga kabutnya sempat turun, terus dinginnya juga lumayan dingin banget," ungkap Ferika Sandra, Pengunjung.

Sempat ditutup, akibat pandemi Covid-19, lokasi ini kembali dibuka dengan penerapan protokol kesehatan. Dan langsung diserbu pengunjung, terutama saat libur akhir pekan.

"Kalau pagi di sini yang bisa dilihat sunrise-nya itu bagus, di sini dapet semua, karena pas di puncak Kawah Wurung itu kita berdiri pas di tengah-tengah puncak gunung berapi, dua aktif itu, dari Raung bisa lihat dari Ijen bisa lihat," ujar Misbahul Munir, Petugas Loket Kawah Wurung, Bondowoso.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung cukup membayar Rp 5.000, sudah termasuk ongkos parkir. Anda tertarik ?