Sukses

Jenguk Kakek yang Sakit, 13 Warga Ponorogo Terinfeksi COVID-19

Berdasarkan keterangan tertulis, kakek yang merupakan warga Kecamatan Jetis, Ponorogo, suspek dirawat, dan meninggal dunia karena COVID-19 pada 8 September 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Ada 13 warga di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur terpapar COVID-19 setelah menjenguk seorang kakek (62) yang sakit. Tanpa mereka ketahui sebelumnya, ternyata kakek itu telah terinfeksi COVID-19.

Berdasarkan keterangan tertulis, kakek yang merupakan warga Kecamatan Jetis, Ponorogo, suspek dirawat, dan meninggal dunia karena COVID-19 pada 8 September 2020.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni menuturkan,  ada 13 orang yang merupakan kontak erat dari pasien kasus nomor 302 tersebut terkonfirmasi positif COVID-19. 13 warga itu merupakan keluarga dari pasien nomor 302. Bahkan dua di antaranya masih anak-anak dan remaja.

13 orang warga itu antara lain pria berusia  57 tahun, perempuan berusia 55 tahun, perempuan berusia 36 tahun,  laki-laki berusia 36 tahun,  laki-laki berusia 46 tahun,  perempuan berusia 47 tahun, perempuan berusia 35 tahun, perempuan berusia 13 tahun, perempuan berusia 35 tahun, perempuan berusia 66 tahun. Lalu laki-laki berusia 52 tahun, laki-laki berusia 76 tahun, dan laki-laki berusia lima tahun.

"Mereka yang tertular dari pasien 303 ini ada kebanyakan dari kecamatan Jetis. Tetapi ada yang dari Kecamatan Ngrayun dan Kecamatan Jambon," ujar dia seperti dikutip dari Solopos.com, ditulis Minggu (20/9/2020).

Ipong menuturkan, ketika sang kakek masih dirawat karena saki, sejumlah orang yang masih keluarga kakek ini menjenguknya. Mereka tidak tahu kalau pasien itu telah positif COVID-19.

Lantaran selama ini sang kakek tidak pernah bepergian ke luar daerah Ponorogo. “Mereka mengira pasien ini hanya sakit biasa. Tetapi ternyata terpapar Corona,” kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan kepada Warga

Dengan melihat kasus ini, Ipong berharap kepada masayarakat Ponorogo untuk menahan diri supaya tidak saling berkunjung saat ada saudara yang sakit.

"Lebih baik mendokan dari rumah masing-masing. Karena kita tidak tahu orang yang sakit itu terpapar Covid-19 atau tidak," saran dia.

 

Saksikan berita menarik lainnya di Solopos di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.