Sukses

ITS Gelar Kompetisi Lari dan Bersepeda Virtual, Bagaimana Pelaksanaannya?

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 1.100 pelari dan pesepeda mengikuti kompetisi inovatif yang digelar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya secara virtual bertajuk "ITS 60 Virtual Race", Minggu, 20 September 2020.

Rektor ITS Prof. Dr. Mochamad Ashari MEng menyampaikan, perhelatan akbar ini merupakan kelanjutan dari agenda rutin dies natalis ITS setiap tahun.

"Karena masih berada dalam suasana adaptasi kebiasaan baru, kegiatan lari dan bersepeda tahun ini diadakan secara virtual," kata rektor yang akrab disapa Ashari tersebut.

Adapun 1.100 peserta yang bergabung dalam kompetisi ini terdiri dari 605 pelari dan 495 pesepeda, dilansir dari Antara.

"Kegiatan ini juga diikuti peserta dari mancanegara secara virtual, yakni dari Amerika Serikat, Inggris, Australia, Korea, Jepang, dan negara lainnya," ujar Ashari.

Secara garis besar, ITS 60 Virtual Race terbagi dalam dua kategori, yakni berlari dengan jarak 60 kilometer dan bersepeda dengan jarak 600 kilometer yang dilaksanakan dalam rentang waktu enam minggu dimulai secara serentak pada 20 September sampai 1 November 2020.

 

2 dari 3 halaman

Teknis Pelaksanaan

Ketua Pelaksana Lustrum XII ITS Dr Eng. Trika Pitana menuturkan, pemilihan jarak dan durasi ini bukan tanpa alasan, karena penggunaan angka enam bermakna sebagai 60 tahun hari jadi ITS.

"Untuk menyemarakkan kegiatan ini, kami juga menyediakan aneka doorprize menarik dan hadiah total senilai Rp30 juta," tutur dia.

Trika melanjutkan masing-masing kategori akan diambil tiga pemenang bagi para peserta yang menempuh jarak paling jauh.

"Jarak tempuh 60 kilometer bagi pelari dan 600 kilometer bagi pesepeda adalah jarak minimum untuk mengklaim trofi penamat. Peserta dapat berlari dan bersepeda lebih jauh dari jarak yang kami tetapkan," kata dosen Departemen Teknik Sistem Perkapalan itu.

Untuk teknis pelaksanaannya, peserta dapat berlari maupun bersepeda dari kota maupun wilayah asal mereka masing-masing dengan menggunakan aplikasi STRAVA sebagai pelacak jarak tempuh mereka.

"Tidak lupa, peserta juga harus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku," ujar Trika.

Melalui kegiatan ini, ITS berharap dapat menjaring 3.000 penggemar olahraga lari dan bersepeda di Indonesia dan negara lainnya untuk bergerak sehat bersama ITS. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi, pendaftaran ITS 60 Virtual Race masih akan dibuka hingga 30 September 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini