VIDEO: Makam Unik, Tembok Area Pemakaman Bergaya Zaman Kerajaan Majapahit

VIDEO: Makam Unik, Tembok Area Pemakaman Bergaya Zaman Kerajaan Majapahit

Ini bukan benteng Kerajaan Zaman Majapahit tempo dulu, tetapi tembok ini pagar pembatas makam Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur. Pagar ini dilengkapi dengan 40 bola lampu yang menerangi makam pada malam hari.

Tak hanya pagar yang terlihat unik. Berbeda dengan makam-makam pada umumnya yang terkesan angker. Saat memasuki makam Desa Balongdowo, yang nampak adalah pohon kamboja dan batu nisan, dicat warna-warni. Berikut dilansir pada Liputan6, 20 September 2020.

"Ya supaya lebih terkesan tidak angker atau bagaimana begitu, jadi kelihatannya orangnya juga semua senang," kata Seger Wahyudi, Peziarah.

Nisan dan pohon kamboja di pemakaman ini, sengaja dicat warna-warni, untuk menghilangkan kesan angker, hingga masyarakat nyaman saat berziarah. Biaya untuk mengecat dan membangun area makam, didapat secara swadaya dari warga Desa Balongdowo.

"Ide dari masyarakat, biar terang begitu aja menambah pengunjung, biar unik," ujar Kosim, Juru Kunci Makam Balongdowo.

Pengunjung di area makam ini setelah dilakukan pengecatan, meningkat, dibandingkan sebelumnya. Apalagi pada hari khusus, seperti pada malam Jumat.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 22 September 2020, 23:23 WIB

Video Terkait

Spotlights