Sukses

Khofifah Gencar Edukasi Warga Cara Pemakaian Masker yang Benar

Memakai masker adalah salah satu hal sederhana, namun memiliki dampak besar untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan masyarakat tentang penggunaan masker secara aman dan benar agar terlindungi dari risiko penularan COVID-19.

"Edukasi terus kami tingkatkan. Kalau dulu cukup gunakan masker, tapi sekarang gunakanlah masker yang aman dan benar. Artinya, jangan dipakai di bawah hidung, apalagi di bawah dagu," ujar Gubernur Khofifah di sela menerima bantuan masker dari Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Cabang Solo di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa sore, 22 September 2020.

Menurut dia, memakai masker adalah salah satu hal sederhana, tetapi memiliki dampak besar untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, dilansir dari Antara.

"Masyarakat bisa tetap produktif, namun aman dan terlindungi dari COVID-19 jika disiplin memakai masker yang benar," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Sementara itu, Ipemi Cabang Solo menyumbang 20.100 masker berbagai jenis ke Pemprov Jatim, yang rinciannya terdiri dari 13.000 masker kain antibakterial yang bisa dipakai 6-8 jam, 2.100 masker N-95 dan 5.000 masker KN-95.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

COVID-19 Jatim Masih Tinggi

Anggota Ipemi Cabang Solo dr Lala Cantiq yang ditemui di sela penyerahan bantuan mengaku dipilihnya Jawa Timur karena menganggap provinsi itu masih tinggi tingkat penularan COVID-19.

Di tempat sama, dosen kesehatan Universitas Muhammadiyah Kudus tersebut juga menyoroti pemakaian masker scuba yang dianggap tidak direkomendasikan untuk dipakai masyarakat.

"Masker scuba itu sangat tipis, bahkan droplet bisa keluar dan ini sangat tidak menjamin kesehatan masyarakat," ujar dia.

Ia merekomendasikan masyarakat menggunakan masker kain antibakterial yang berisi tiga lapis atau jika terpaksa menggunakan scuba harus dilapisi dengan tisu atau dilapisi masker lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.