VIDEO: Pemotor Tewas Tersengat Listrik Jebakan Tikus

VIDEO: Pemotor Tewas Tersengat Listrik Jebakan Tikus

Meski sering dirazia polisi, karena menyebabkan korban meninggal dunia, pemasangan jebakan tikus dengan listrik di Ngawi, Jawa Timur, masih saja dilakukan petani.

Kali ini, seorang pemotor tewas tersengat jebakan tikus di sawah, akibat terjatuh. Pemilik sawah kini harus berurusan dengan polisi, dan terancam hukuman 5 tahun penjara.

Mengetahui adiknya tidak bernyawa, Budi Eko Prasetyo (29), warga Desa Kersoharjo, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, menangis histeris. Dia tidak menyangka jika Agung Nafrul Rifai (24) tewas tersengat listrik jebakan tikus, di sawah, Desa Sidorejo, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi.

Jenazah korban, pertama kali ditemukan Saidi (50) warga setempat, yang juga pemilik sawah. Dia kaget, saat melihat ada motor warna merah tergeletak di sawah. Apalagi disampingnya ada seseorang yang tewas. Berikut seperti dilansir pada Fokus, 21 September 2020.

Polisi yang melakukan olah TKP menyatakan korban meninggal akibat tersengat listrik jebakan tikus, setelah sebelumnya jatuh. Pemilik sawah dibawa ke Kantor Polisi, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Polisi akan menindak tegas warga yang memasang jebakan listrik untuk tikus di sawah, karena sangat bahaya. Pelaku bisa dijerat Pasal 359 KUHP tentang Kelalaian yang menyebabkan orang lain meninggal dunia. Dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

"Jadi memang yang bersangkutan ini, awalnya laka masuk ke dalam sawah, terus tersengat, nanti kita tetap akan lakukan penyelidikan, kalaupun memang nanti ada kesengajaan memasang itu, kita akan kenakan pasal 359 KUHP," ungkap AKP I Gusti Agung Ananta Pratama, Kasat Reskrim Polres Ngawi.

Korban tewas akibat tersengat listrik jebakan tikus, selama 2020 juga terjadi di beberapa daerah. Januari 2020, terdapat tiga orang tewas di Lamongan.

Februari 2020 di Gresik seorang meregang nyawa, karena tersengat listrik, dan selama September 2020, sedikitnya tiga warga Ngawi, dan seorang warga Mojokerto tewas tersengat listrik jebakan tikus di sawah.

Selain tindakan tegas polisi, juga perlu sosialisasi bahaya jebakan listrik, serta upaya lain untuk mengusir hama tikus yang menjadi musuh utama petani.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 September 2020, 07:46 WIB

Video Terkait

Spotlights