Sukses

Pemprov Jatim Berupaya Konsisten Tingkatkan Tes COVID-19

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menuturkan, Jatim hingga saat ini menjadi provinsi dengan kesembuhan tertinggi COVID-19 di Pulau Jawa secara persentase.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menyatakan terus meningkatkan dan konsisten melakukan tes di wilayah setempat. Hal itu salah satu upaya menghentikan penularan COVID-19.

"Tak hanya konsisten, tapi juga terus ditingkatkan," tutur Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, seperti dikutip dari Antara, ditulis Rabu, (23/9/2020).

Berdasarkan data per 22 September 2020, telah dilakukan sebanyak 933.082 tes cepat dan 288.304 tes usap COVID-19.

Menurut dia, angka tes cepat ini merupakan yang tertinggi di Indonesia, sedangkan tes usap dalam periode Mei 2020 hingga September 2020 menjadi provinsi dengan tes tertinggi kedua setelah DKI Jakarta.

Data lainnya, positivity rate mingguan di Jatim per Juli 2020 sempat mencapai 31 persen, tetapi per minggu ini sudah turun menjadi 16 persen.

"Alhamdulillah, kurva jumlah tes usap harian di Jatim terus konsisten naik, dan diikuti penurunan positivity rate. Ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan tes dan isolasi mulai membuahkan hasil," ucapnya.

Sementara itu, terkait treatment, menurut dia, Jawa Timur hingga saat ini menjadi provinsi dengan kesembuhan tertinggi di Pulau Jawa secara persentase.

"Per sore ini (Selasa, 22 September 2020,red) kesembuhan telah mencapai 82,04 persen setara dengan 33.978 orang jauh di atas rata-rata nasional, yang tercatat 72,9 persen," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasien Dirawat

Saat ini, kata dia, pasien konfirmasi yang dirawat di Jatim sebanyak 4.424 pasien atau setara 10,68 persen, sedangkan jumlah tempat tidur isolasi juga tercatat tertinggi di Indonesia, yakni 6.611 unit dan ICU sebanyak 860 unit.

"Jatim terus menambah tempat tidur isolasi. Maret lalu kami hanya memiliki 44 RS rujukan dengan 565 unit, sekarang sudah ada 127 RS rujukan dengan 6.611 tempat tidur," katanya.

Sementara itu, optimalisasi pengobatan juga akan dilakukan dengan mengacu kepada pedoman yang terstandar oleh Kementerian Kesehatan dan organisasi profesi.

"Selanjutnya, untuk mencegah obat yang habis, early warning system akan dikembangkan guna memastikan kebutuhan obat cukup untuk menurunkan kematian di ICU isolasi," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.