VIDEO: Mobil Listrik Karya Siswa SMK PGRI 13 Surabaya Bakal Bantu UMKM

VIDEO: Mobil Listrik Karya Siswa SMK PGRI 13 Surabaya Bakal Bantu UMKM

Mokasi singkatan dari Mobil Kampung Pesilat, mobil yang bergerak dengan menggunakan tenaga listrik ini adalah buatan siswa SMK PGRI 13 Surabaya, Jawa Timur.

Mobil listrik ini dirancang dengan 3 manfaat yang berbeda, yaitu ada Mokasi Food, Mokasi Mart, dan Mokasi Mekanik. Berikut video informasinya pada Liputan6, 22 September 2020.

Meski begitu, ketiganya sama-sama dapat digunakan untuk membantu menjajakan dagangan dari rumah ke rumah. Selain ramah lingkungan, mobil listrik ini juga untuk memfasilitasi lulusan SMK PGRI 13 Surabaya agar dapat belajar membuka usaha, dan mengurangi pengangguran di tengah pandemi COVID-19.

"Jadi supaya SMK PGRI 13 membantu pemerintah untuk mengurangi pengangguran di era covid, banyak yang collapse, ada karyawan yang dirumahkan, ini untuk lulusan kami, ending-nya memang supaya semua itu bekerja," tutur Sri Wiludjeng, Kepala Sekolah SMK PGRI 13 Surabaya.

Dinas Pendidikan Jawa Timur yang ikut meresmikan mobil listrik mengapresiasi inovasi yang telah diciptakan SMK PGRI 13. Sekolah juga harus diminta segera mengurus izin rancang bangun kendaraan, agar nantinya bisa segera diproduksi massal.

"Ini inovasi-inovasi sederhana, tapi berbasis kebutuhan, sehingga kami memberikan apresiasi dan kami minta semua SMK itu memiliki inovasi dan kreasi, sehingga mampu mengantarkan siswanya, tidak hanya di saat siswa itu sekolah," ujar Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Selain menjual produk dari dunia usaha dan dunia industri, mobil listrik ini juga akan menjual produk UMKM, hasil kreativitas siswa, dan alumni SMK, sehingga mobil listrik tersebut, menjadi terobosan dari SMK PGRI 13 Surabaya untuk memberikan modal wirausaha kepada siswa dan alumni.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 September 2020, 08:02 WIB

Video Terkait

Spotlights