Sukses

Polres Gresik Siapkan 8 Petugas Kawal Paslon Pilkada 2020

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menuturkan, setelah ada penetapan oleh KPU Gresik, dirinya menyiapkan personel untuk pengawalan pribadi kepada masing-masing calon peserta pilkada.

Liputan6.com, Jakarta - Ada delapan personel yang akan mengawal pasangan calon (paslon) Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim) setelah penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini dilakukan untuk pengamanan pribadi jelang pesta demokrasi yang akan berlangsung 9 Desember 2020.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menuturkan, setelah ada penetapan oleh KPU Gresik, dirinya menyiapkan personel untuk pengawalan pribadi kepada masing-masing calon.

"Setiap orang dikawal dua anggota Polri. Total ada delapan personel yang melekat pada kedua paslon," kata Alumnus Akpol 2001 itu, saat melakukan pengamanan di Kantor KPU Gresik, seperti dikutip dari Antara, ditulis Kamis (24/9/2020).

Selain itu, Polres Gresik juga melengkapi kendaraan pengawalan jika paslon akan bergerak dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

"Ini tidak hanya kedua paslon, para komisioner KPU dan Bawaslu juga kami berikan pengawalan pribadi," ujar Arief kepada wartawan.

Sementara ketika ditanya mengenai pengamanan pada saat pengundian nomor peserta Pilkada, Arief mengaku sudah berkoordinasi dengan KPU, dan melakukan penempatan sejumlah personel di sekitar lokasi.

"Kami selalu mengingatkan kepada masing-masing calon agar tidak membawa massa. Karena ini sudah menjadi atensi dalam maklumat Kapolri dan hasil koordinasi dengan berbagai pihak. Bahwa tidak ada pengerahan massa dalam tahapan Pilkada ini," tutur-nya.

Selain itu saat pengundian nomor, Arief menegaskan tidak ada pengalihan arus lalu lintas di sekitar Kantor KPU Gresik Jalan Wahidin Sudiro Husodo dan apabila ada pengerahan massa akan langsung dibubarkan, tidak memandang pihak manapun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penetapan Paslon di Pilkada Gresik

Sebelumnya, Ketua KPU Gresik Akhmad Roni resmi menetapkan dua paslon maju dalam Pilkada Gresik yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020, sesuai hasil penetapan dan verifikasi berkas masing-masing calon, Rabu.

Dua paslon yang telah ditetapkan yaitu pasangan Fandi Akhmad Yani - Aminatun Habibah (NIAT) yang diusung enam parpol, yakni Golkar dengan raihan 8 kursi, PDIP 6 kursi, Nasdem 5 kursi, Demokrat 4 kursi, PAN 3 kursi, dan PPP dengan 3 kursi.

Kemudian pasangan Mohammad Qosim - Asluchul Alif (QA) yang diusung dua parpol, yakni PKB dengan raihan 13 kursi dan Gerindra dengan 8 kursi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.