Sukses

Doa Jumat yang Bisa Ampuni Dosa bagi Umat Muslim

Liputan6.com, Surabaya - Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Muslim. Dalam tradisi Islam Hari Jumat merupakan Sayyidul Ayyam atau rajanya hari.

Maka dari itu, hari Jumat merupakan hari yang penuh berkah bagi umat Islam. Sehingga, hari yang penuh berkah ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan berdoa untuk memohon pengampunan bagi Allah SWT.

Hari raya mingguan ini juga memiliki keistimewaan tersendiri lantaran Nabi Muhammad SAW sangat mengistimewakannya. Bahkan, Nabi punya amalan khusus untuk hari Jumat.

Dalam kitab Al-Adzkar karya Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi tertulis salah satu hadis yang meriwayatkan amalan khusus Nabi yang dibaca pada Jumat:

"Diriwayat dari Anas, Rasulullah bersabda bahwa barangsiapa yang pada Jumat pagi sebelum sembahyang subuh membaca bacaan tersebut sebanyak tiga kali, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih samudra."

Berikut doa yang panjatkan Rasulullah SAW pada Hari Jumat yang dapat menghilangkan dosa umat Islam.

أسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذي لَا إِلهَ إِلاَّ هُوَ الحَيَّ القَيُّوْمَ وأَتُوْبُ إلَيْهِ

Bacaan Latin:

Astaghfirullâh alladzî lâ ilâha illâ huwa-l-hayyal qayyûma wa atûbu ilaihi

Artinya:

“Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan selain Dia Yang hidup kekal serta terus-menerus mengurus (makhluk); dan aku bertobat kepada-Nya.” 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Infografis tradisi bersih-bersih sambut Ramadan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS