Sukses

Konsumsi Elpiji dan BBM Meningkat pada Akhir September di Jatim

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan adaptasi kebiasaan baru dengan protokol kesehatan di sejumlah tempat sehingga beberapa aktivitas masyarakat kembali normal mendongkrak konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di Jawa Timur (Jatim) meningkat.

"Sejak dibukanya kembali kegiatan perekonomian dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, menjadi salah satu faktor kenaikan konsumsi BBM dan elpiji di Jatim," ujar Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji di Surabaya, Jumat, (25/9/2020), seperti dikutip dari Antara.

Ia mencatat, tren kenaikan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis gasoline (premium, pertalite, pertamax, pertamax turbo) sebesar 18 persen dan BBM jenis gasoil (solar, biosolar, dexlite, Pertamina dex) sebesar 60 persen dibandingkan Mei 2020 ketika masih adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di berbagai daerah.

Pada  Mei 2020, kata Rustam, Pertamina mencatat rata-rata harian konsumsi BBM jenis gasoline sebesar 9.700 Kilo Liter (KL)/hari dan BBM jenis gasoil sebesar 3.800 KL/hari.

Sedangkan September, rata-rata harian penyaluran bahan bakar minyak di Jatim naik menjadi 11.500 KL/hari untuk gasoline dan 6.100 KL/hari untuk gasoil.

Sedangkan untuk kenaikan konsumsi elpiji baik PSO atau non-PSO di Jatim tercatat menjelang akhir September konsumsi rata-rata harian sebesar 3.600 metrik ton (MT) perhari, naik 5 persen dibandingkan konsumsi bulan Mei 2020 dengan rata-rata harian sebesar 3.400 MT perhari.

"Kami akan terus berkomitmen untuk menyalurkan BBM dan elpiji kepada masyarakat, termasuk BBM bersubsidi atau bahan bakar jenis tertentu, serta BBM penugasan sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan pemerintah," tutur Rustam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan

Di Jawa Timur, kata dia, jumlah tersebut terdiri dari BBM bersubsidi jenis bioSolar sebesar 2.3 juta KL dan BBM penugasan jenis premium sebanyak 1.4 juta KL.

Pertamina juga menyediakan jenis BBM umum, BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan, yang meliputi perta series (pertalite, pertamax dan pertamax turbo) dan dex series (Pertamina dex dan dexlite).

"Selama adaptasi kebiasaan baru ini, kami juga telah memberlakukan protokol pencegahan COVID-19 di seluruh lini bisnis perusahaan, di antaranya adalah penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi operator yang bertugas di SPBU, seperti masker dan face shield, disinfektan secara berkala, dan pengecekan suhu bagi operator yang melakukan shift di SPBU," ujar dia.

Pertamina akan tetap mengimbau konsumen membiasakan menggunakan transaksi non-tunai di aplikasi MyPertamina, sehingga selain mengurangi potensi penularan virus melalui uang tunai, juga memberikan program promo dan undian menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.