Sukses

Daftar Festival Seni yang Bisa Ditonton di Rumah pada September

Berikut kegiatan kesenian yang diadakan pada September yang diadakan secara daring.

Liputan6.com, Jakarta - Selama masa pandemi, masyarakat diimbau untuk mematuhi dan menerapkan standar protokol kesehatan untuk meminimalkan dampak COVID-19. Salah satu protokol kesehatan yang ditekankan adalah larangan untuk berkerumun atau berkumpul.

Larangan terseebut dimaksudkan agar tidak menciptakan kluster baru penyebaran COVID-19. Akibatnya, kegiatan-kegiatan yang melibatkan kerumunan massa dalam jumlah besar harus diberhentikan atau tetap dilaksanakan secara daring termasuk kegiatan kesenian.

Kegiatan kesenian merupakan salah satu acara yang diminati masyarakat. Terutama event yang selalu diadakan dengan sistem periodik yaitu setahun sekali.

Tentunya para pecinta event selalu menantikannya setiap tahun. Pandemi yang terjadi membuat beberapa event dibatalkan, berubah sistem atau juga diundur sampai keadaan kembali membaik.

Akan tetapi, ada beberapa festival kesenian yang masih bisa kita nikmati dari rumah karena diadakan secara daring, sehingga bisa menghibur masyarakat. Berikut kegiatan kesenian yang diadakan pada September yang diadakan secara daring, dirangkum Sabtu, (26/9/2020):

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Parade Kesenian Budaya Surabaya

Parade Kesenian Budaya Surabaya merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Surabaya.

Parade tersebut sudah dimulai sejak 19 September, rencananya akan digelar hingga akhir Desember serta ditayangkan secara daring dan live di akun media sosial resmi pemkot Surabaya.

Pertunjukan kesenian mulai dari wayang orang, karawitan, keroncong, campursari dan reog bisa kita jumpai di Parade Kesenian Budaya Surabaya 2020. Untuk jadwal pertunjukan bisa dilihat di akun instagram Bangga Surabaya.

3 dari 5 halaman

Festival Kebudayaan Yogyakarta

Festival Kebudayaan Yogyakarta atau dulu dikenal dengan Festival Kesenian Yogyakrta (FKY) kembali hadir tahun ini dengan konsep baru. FKY 2020 berlangsung secara daring maupun luring selama enam hari sejak  21-26 September 2020.

FKY hadir sebagai ruang presntasi keberagaman budaya di Yogyakarta. Semua pertunjukan dapat disaksikan secara live melalui kanal YouTube Festival Kebudayaan Yogyakarta. Bagi penonton yang ketinggalan rangkaian acara FKY 2020, seluruh tayangannya masih bisa ditonton di kanal YouTube-nya.

4 dari 5 halaman

Screening Film Pendek Keliling Art Space

Bagi kalian para pecinta dunia film, Keliling Art Space mengadakan screening dan bedah film bertajuk #ArtSpaceFromHome edisi film pendek. Delapan film pendek ditayangkan via YouTube  Keliling Art tanpa dipungut biaya.

Kemudian untuk sesi bedah film akan dilaksanakan pada 26 September, melalui aplikasi Google Meet secara gratis. Untuk informasi pendaftaran sesi bedah film dapat dilihat di akun instagram keliling.art.

5 dari 5 halaman

Online Museum Tour

Selain pagelaran seni dan penayangan film secara daring, kalian sekarang bisa jalan-jalan ke museum tanpa harus mengunjunginya. Konsep menarik tersebut diusung oleh Museum Tugu Pahlawan Surabaya, karena kompleks monumen dan museum masih belum dibuka untuk umum.

Bagi kalian yang ingin menikmati seensasi baru jalan-jalan ke museum secara daring, bisa mengikuti turnya yang bertajuk "Napak Tilas" KOmpleks Monumen Tugu Pahlawan.

Tur ke museum secara virtual berlangsung pada 26-27 September dan tidak dipungut biaya. Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi instagram @museumtupal.

 

(Ihsan Risniawan- FIS UNY)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.