VIDEO: Pengundian Nomor Urut Paslon Kepala Daerah di Pilkada Jatim

VIDEO: Pengundian Nomor Urut Paslon Kepala Daerah di Pilkada Jatim

Sejumlah KPU di kabupaten dan kota di Jawa Timur, rapat pleno undian nomor urut pasangan calon (paslon) kepala daerah, dengan aturan terbatasnya undangan, serta protokol kesehatan ketat.

Selain undian nomor urut, paslon peserta Pilkada menandatangani pakta integritas, tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan saat kampanye.

Untuk mencegah penularan COVID-19, rapat pleno pengundian nomor urut digelar di area terbuka, dengan protokol kesehatan ketat. Area pengundian nomor urut disterilisasi sebelum acara dimulai.

Pasangan Eri Cahyadi - Armuji yang diusung oleh PDIP, mendapatkan nomor urut 1, sementara Machfud Arifin -- Mujiaman yang diusung delapan partai, mendapatkan nomor urut 2.

"Bahwa kita untuk maju ke Pilkada ini, untuk kemaslahatan umat, untuk kesejahteraan masyarakat, dan Alhamdulillah, 1 menunjukkan Ketuhanan Yang Maha Esa, bahwa apa yang kita kerjakan diridhoi Allah SWT," tegas Eri Cahyadi, Cawali No Urut 1.

"Dua adalah victory, simbol kemenangan, seperti halnya Pak Jokowi pada putaran pertama menjadi Presiden, 2 memang tekad kami membuat loncatan Surabaya lebih maju lagi," ungkap Machfud Arifin, Cawali No Urut 2.

Sementara di Kota Pasuruan, dalam undian nomor urut oleh KPU setempat, Saifullah Yusuf, Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, yang berpasangan dengan Adi Wibowo, mendapatkan nomor urut 1. Sedangkan pasangan petahana, Raharto Teno Prasetyo dan Hasyim Ashari, memperoleh nomor urut 2.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari, mengatakan tahapan Pilkada serentak tahun 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya. Karena penerapan protokol kesehatan ketat di tengah pandemi Covid-19, yang berkompetisi maupun penyelenggara.

Untuk mencegah penularan Covid-19, KPU bersama pasangan Calon Kepala Daerah menandatangani pakta integritas, untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan selama tahapan Pilkada. Demikian seperti dilansir pada Fokus, 25 September 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 September 2020, 00:25 WIB

Video Terkait

Spotlights