Sukses

Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Surabaya 2020, Dua Kubu Saling Berbalas Nyanyian

Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi menyampaikan, kegiatan ini tepat dilaksanakan tiga hari setelah penetapan paslon pilkada 2020.

Liputan6.com, Surabaya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menggelar acara deklarasi kampanye damai pemilihan kepala daerah (pilkada) Surabaya 2020, yang dihadiri oleh pasangan calon (paslon) wali dan wakil wali Kota Surabaya nomor urut satu, Eri Cahyadi dan Armuji, dan paslon nomor urut dua Machfud Arifin-Mujiaman. 

Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi menyampaikan, kegiatan ini tepat dilaksanakan tiga hari setelah penetapan paslon pilkada 2020.

"Hari ini adalah hari pertama, paslon dalam melaksanakan tahap kampanye tetap patih dan taat pada peraturan yang berlaku. Harapan kami setiap tahapan mematuhi aturan," ujar dia di Surabaya, Sabtu (26/9/2020). 

Dia berharap, setiap kegiatan kampanye mengutamakan protokol kesehatan dan semua elemen yang terlibat dalam kampanye bersedia menjadi pelopor protokol kesehatan. "Minimal memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun," ucap dia. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Armuji menyampaikan, pada Sabtu sore ini merupakan momentum kampanye damai. 

"Kami juga memamitkan bapak Eri Cahyadi yang tidak bisa hadir karena mengantarkan bapaknya yang sedang sakit menuju rumah sakit. Dan kami berharap kampanye ini jujur dan adil," tutur Armuji. 

Armuji menegaskan, prestasi Surabaya sudah cukup hebat, tapi kalau maju, Surabaya sudah maju. "Makanya tagline kita tidak Surabaya Maju tapi Surabaya keren atau kalau bahasa Surabayaan namanya Surabaya Mbois," ujar dia. 

Armuji mengaku, dirinya bersama Eri Cahyadi mengetahui betul perjalanan Kota Surabaya dari tahun ke tahun. "Pak Eri asli arek Surabaya, saya juga asli arek Surabaya. Kami berdua cari kerja dan makan di Surabaya," kata dia.

"Tagline kita meneruskan kebaikan bu Risma. Sekali lagi Eri Cahyadi-Armuji inilah yang didukung dan direstui oleh Bu Risma, bukan yang lainnya," ujar dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen Machfud Arifin

Sedangkan dalam sambutannya, Machfud Arifin mengungkapkan acara ini deklarasi damai yang diselenggarakan oleh KPU Surabaya. 

"Kemarin malam juga ada acara yang diselenggarakan Bawaslu, saya juga hadir dalam acara itu. Tapi kok rasanya lebih bagus acaranya Bawaslu ya dari pada acara ini," ucapnya. 

Machfud mengaku, dirinya bersama pasangannya yaitu Mujiaman hadir di acara ini tidak ingin berkampanye. 

"Kami di sini hanya ingin berdoa, mudah-mudahan mulai hari ini jangan sampai ada lagi warga Surabaya yang tidur di makam, jangan ada warga Surabaya yang mandi dan buang hajat di sungai," ujar Machfud. 

Machfud kembali menegaskan bahwa dirinya sore ini tidak ingin berkampanye tetapi hanya ingin berdoa. Mudah-mudahan orang Surabaya naik kelas, bukan begini-begini saja. 

"Saya komitmen untuk menjadikan pemilu ini bermartabat dan pemilih sehat. Saya minta tolong kepada KPU Kota Surabaya untuk maksimalkan kehadiran pemilih dalam pemilihan umum, 9 Desember mendatang," ucapnya. 

Acara deklarasi kampanye damai ini juga disisi dengan berbalas lagu atau nyanyian yang dinyanyikan oleh Armuni bersama kelompok pemusik jalanan Surabaya dan Mujiaman juga menyanyikan lagu bersama tim kreatifnya. 

3 dari 3 halaman

Berbalas Nyanyian

Nyanyian Armuji. 

Ayo nyoblos nomor siji, Eri-Armuji 

Eri-Armuji pilihan kami. 

Bolo dewe Eri-Armuji

Eri-Armuji pilihan kami

Pilih nomor siji. 

Eri-Armuji penerus Bu Risma 

Eri-Armuji nomor siji

Ojok lali coblos nomor siji

Eri-Armuji nomor siji. 

Nyanyian Mujiaman. 

MA-Mujiaman menang 

Makmur kota ne 

Maju kota ne

Maju, Machfud-Mujiaman 

Pilihan ne arek Surabaya

Ayo-ayo 

Wes wayah ne Maju

Maju, Machfud-Mujiaman

Peduli selalu mengayoni 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.