Sukses

Wali Kota Risma Optimalkan Pengerukan Saluran Air demi Cegah Banjir

Risma meminta jajarannya untuk merenovasi jembatan yang menjadi penghubung antara Semampir Selatan II A menuju Semampir Tengah IX.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mencegah terjadinya genangan air di musim hujan mendatang, sejumlah antisipasi sudah mulai dilakukan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma).

Risma meninjau langsung lokasi pengerukan saluran Medokan Semampir di Jalan Semampir Tengah IX A, Jumat, 25 September 2020.

Sembari memantau proses pengerukan, Risma memberikan beberapa arahan kepada jajarannya. Mulai dari mengarahkan para satuan petugas (satgas) untuk menghabiskan isi saluran, hingga mendatangkan sejumlah alat berat berupa Komo dan Ponton untuk memaksimalkan pengerukan.

"Pak setelah dari sisi kiri, pindah ke sebelah sana ya," kata Wali Kota Risma saat memberikan arahan kepada petugas, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id

Dalam tinjauannya itu, ia juga meminta jajarannya untuk merenovasi jembatan yang menjadi penghubung antara Semampir Selatan II A menuju Semampir Tengah IX. Risma menilai, renovasi jembatan itu penting dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan warga.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Erna Purnawati menilai, penambahan alat berat dalam proses pengerukan itu memang penting dilakukan. Apalagi, jika dilihat dari prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hujan akan turun pada November 2020.

"Jadi sebelum pertengahan November itu memang harus rampung. Karena berdasarkan prediksi kawan-kawan BMKG hujan turunnya di pertengahan November," kata Erna.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Renovasi Jembatan

Selain melakukan pengerukan saluran, kata Erna, pihaknya juga bakal merenovasi jembatan yang menjadi penghubung antara Semampir Selatan II A menuju Semampir Tengah IX. Namun, jembatan tersebut tak hanya direnovasi tapi dipercantik pula oleh Dinas DPUBMP. 

"Jadi jembatan eksisting milik warga itu akan kita buatkan yang lebih aman. Kalau kita lihat kontruksinya sudah lama. Memang harus diperbaiki biar lebih aman," ujar Erna.

Seusai meninjau lokasi pengerukan, Erna kemudian mendampingi Wali Kota Risma menuju Jalan Ir Soekarno, tepatnya setelah SPBU Arif Rahman Hakim Surabaya. Di lokasi itu, ia bersama jajarannya melakukan bersih-bersih sampah di tepi saluran dan menyapu di sekitar area tersebut.

"Kalau dilihat dari sistem saluran tepi Ir Soekarno masih baru. Jadi yang dibersihkan hanya spot-spot tertentu. Ada sampah yang menyumbat itu kami bersihkan," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.