VIDEO: 308 Warga Terjaring Rapid Test Antigen di Kawasan Ketabang Kali Surabaya

VIDEO: 308 Warga Terjaring Rapid Test Antigen di Kawasan Ketabang Kali Surabaya

Warga yang melintas maupun yang asyik berkumpul di kawasan Jalan Ketabang Kali, Surabaya, Jumat malam, digiring petugas Satpol PP untuk menjalani tes cepat atau rapid test di lokasi.

Hasilnya, sebanyak 308 warga terutama kawula muda terjaring razia. Mereka harus menjalani rapid test antigen, dengan pengambilan sampel dari hidung. Rapid test antigen ini di-klaim lebih akurat untuk mengetahui seseorang positif COVID-19 atau tidak, dibanding rapid test biasa.

Rapid test massal di kawasan Ketabang Kali Surabaya ini, merupakan yang keempat kalinya digelar. Karena kawasan ini merupakan lokasi berkumpulnya anak-anak muda, apalagi 40 persen pasien positif Covid-19 di Surabaya merupakan kalangan muda.

"Kita ingin melihat pandemi di Kota Surabaya ini khususnya di tempat-tempat cangkruknya anak-anak muda, karena 40 persen penderita di Surabaya itu yang positif kemarin itu adalah anak-anak muda, usia antara di bawah 30 sampai 40 tahun," ujar Eddy Christijanto, Kasat Pol PP Kota Surabaya.

Dalam rapid test kali ini, Pemkot Surabaya menyediakan 500 alat rapid test antigen, yang hasilnya bisa diketahui dalam waktu 30 menit. Dalam rapid test selama 2 jam, petugas belum menemukan warga yang reaktif. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 26 September 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 28 September 2020, 12:10 WIB

Video Terkait

Spotlights