Sukses

Konsultasi Dokter Hingga Curhat Bisa di Forum Obrolan Covid-19 Jatim

Saat ini, Jatim masih termasuk salah satu provinsi dengan penyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia.

Liputan6.com, Surabaya- Saat ini, Jatim masih termasuk salah satu provinsi dengan penyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia. Pemerintah dan tenaga kesehatan berulang kali mengimbau masyarakat agar selalu menaati standar protokol kesehatan yang sudah dipublikasikan. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah maupun instansi kesehatan terkait untuk menjaga masyarakatnya agar terhindar dari Covid-19.

Pada Maret lalu, Pemprov Jatim menciptakan situs layanan Forum Obrolan Covid-19 (Fovid-19 Jatim), forumcovid-19.jatimprov.go.id. Laman ini berfungsi sebagai wadah diskusi dan konsultasi terkait Covid-19 dengan pakar atau ahli kesehatan.

Berdasarkan jumlah interaksi di laman tersebut, Fovid-19 Jatim ternyata masih belum dimanfaatkan oleh kebanyakan masyarakat Jatim. Padahal jika Fovid-19 Jatim dimanfaatkan dengan maksimal, besar kemungkinan dapat membantu mengurangi jumlah kasus Covid-19 di Jatim.

Berikut konten yang terdapat di dalam laman Fovid-19

LAPORAN MASYARAKAT TENTANG COVID-19

Dalam kategori ini, masyarakat Jatim dapat melaporkan secara bebas terkait adanya kasus Covid-19 yang mereka temui. Mulai dari resiko adanya kluster baru di suatu tempat umum, adanya kegiatan yang melanggar protokol kesehatan, dan lain sebagainya.

SABER HOAKS COVID-19

Selama pandemi, banyak beredar informasi atau berita palsu atau hoaks yang ada di dunia maya. Hoaks dapat meresahkan karena jika suatu informasi salah tersebut dipercaya dan dilakukan oleh masyarakat maka terdapat resiko yang dapat merugikan masyarakat. Dengan adanya kategori SABER HOAKS, diharapkan pihak yang terkait dapat mengafirmasi kebenaran berita-berita yang beredar di dunia maya.

TIPS TRIK SEHAT SEHAT MENTAL DAN FISIK DI ERA PANDEMI

Dalam diskusi kategori ini, masyarakat bisa menanyakan terkait pola hidup yang benar agar tetap sehat secara jasmani dan mentalnya dan akan ada para pakar mulai dari relawan, ahli gizi dan mental maupun dokter yang akan menjawab. Karena di pandemi ini, banyak perubahan pola aktivitas sehari-hari sehingga masyarakat perlu beradaptasi lagi dengan kebiasaan baru tersebut.

TANYA JAWAB: GEJALA, DIAGNOSIS, ODP, PDP DAN POSITIF COVID-19, PENANGANAN COVID-19

Tentunya saat di era pandemi ini yang kita khawatirkan ialah jika terpapar Covid-19. Karena masih belum ada vaksin dan obatnya, pasien COVID-19 mendapat obat-obatan seperti vitamin dan lainnya. Di forum ini, bagi masyarakat Jatim yang berstatus OPD, PDP dan Positif dapat bertanya langsung melalui laman kategori tersebut secara daring terkait proses penyembuhan.

CURHAT COVID-19

Masyarakat Jatim dapat menceritakan keluh kesah maupun memberikan saran berbagai hal lainnya terkait Covid-19 terkait kategori yang tidak tersedia di laman Fovid-19. 

Dalam forum ini diharapkan masyarakat yang pernah terapapar dapat berbagi cerita dan pengalaman dalam proses awal terpapar hingga sembuh. Sehingga masyarakat lainnya dapat menjadikan cerita tersebut sebagai pengingat agar berhati-hati.

LOUNGE COVID-19

Kategori forum ini mempersilakan masyarakat Jatim untuk berdiskusi segala hal random mengenai Covid-19. Wadah ini disediakan agar masyarakat tidak lagi menyebarkan berita yang belum diketahui kebenarannya. Karena dalam forum ini ada pakar dan ahli kesehatan, maka informasi salah akan dikoreksi oleh pihak terkait. (Ihsan Risniawan- FIS UNY)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.