Sukses

9 Tempat Wisata di Jombang Jawa Timur yang Paling Populer, Alamnya Indah

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Jombang bisa menjadi alternatif liburan di Jawa Timur. Jombang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di antara jalur utama yang menghubungkan Surabaya dengan Madiun.

Kota ini kerap dikenal sebagai kota santri, karena memiliki jumlah pondok pesantren yang cukup banyak. Selain kerap dikunjungi sebagai tempat wisata religi, Jombang juga menyimpan pesona wisata alam yang Instagramable. Walaupun tidak memiliki garis pantai, namun Jombang tetap tidak kehilangan pesona wisata alamnya.

Tempat wisata di Jombang menyajikan pemandangan alam yang instagramable. Mulai dari air terjun, goa, taman bunga, hingga wisata pegunungan tersedia di Jombang. Jika kamu berencana berkunjung ke Jombang, jangan lewatkan untuk menikmati wisata alamnya yang menyegarkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/9/2020) tentang tempat wisata di Jombang.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jombang

Air Terjun Tretes

Tempat wisata di Jombang yang pertama adalah Air Terjun Tretes. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian aliran airnya sekitar 158 meter. Wisata alam Jombang satu ini terletak di wilayah dataran tinggi, yaitu di sekitar 1250 mdpl.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi ini, membuat suasana di sekitar air terjun cenderung terasa sangat sejuk. Selain itu, kondisi alam di sekitarnya juga masih terjaga dengan baik, sehingga sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

Air Terjun Tretes tidak memiliki debit air yang besar, namun di sini kamu tetap bisa menikmati nuansa alami. Adanya bongkahan batu yang berada di depan air terjun bisa kamu jadikan sebagai spot untuk berswafoto.

Lokasi air terjun Tretes ini berada di Desa Galengdowo, Wonosalam, Jombang. Tempatnya ini masih satu lokasi dengan Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) yang ada di Kompleks Gunung Anjasmoro. Walaupun lokasinya berada di wilayah pegunungan, namun akses untuk menuju ke air terjun ini sudah cukup bagus.

Goa Sigolo Golo

Goa Sigolo Golo merupakan salah satu tempat wisata di Jombang yang cukup menakjubkan. Goa yang berada di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Wonosalam, Jombang ini memiliki panorama alam yang memukau. Hijaunya lanskap perbukitan di sekitarnya serta hawa yang sejuk menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk bersantai di kawasan ini.

Kamu bisa menikmati keindahan alamnya melalui mulut goa. Dari sini kamu bisa menikmati pemandangan alam di luar goa yang terlihat bergitu eksotis. Lalu, di atas goa terdapat bulu view, yang merupakan lokasi dimana kamu bisa melihat semua pemandangan di area sekitar mulai dari sungai Boro dan gunung Kukus.

Medannya yang sulit ditempuh, menjadikan wisata alam Jombang ini cocok dikunjungi buat kamu yang suka perjalanan wisata dengan sentuhan petualangan. Untuk mencapai lokasi ini kamu perlu berjalan kaki menaiki anak tangga untuk mencapai mulut goa. Namun, tidak ada salahnya untuk mengajak keluarga kamu menikmati keindahan alam di sini.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jombang

Goa Jepang

Tempat wisata di Jombang selanjutnya adalah goa Jepang. Destinasi wisata alam Jombang satu ini berlokasi di Kedunglumpang, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur.

Kawasan wisata Goa Jepang memang menyuguhkan pemandangan alam yang menarik. Lanskap perbukitan yang hijau menjadi panorama utamanya. Asyiknya lagi, ada spot gardu pandang yang bisa dijadikan tempat berfoto yang Instagramable.

Wana Wisata Sumber Biru

Wana Wisata Sumber Biru merupakan salah satu tempat wisata di Jombang yang anti mainstream. Di tempat ini, kamu bisa menikmati secangkir kopi di tenfah sungai yang mengalir dengan tenang.

Nongkrong dan bersantai bersama teman-teman di tempat ini tentunya sangat menenangkan. Kamu juga bisa menikmati makanan enak sambil duduk-duduk menikmati keindahan alam. Lokasinya sendiri berada di Desa Wonomerto.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jombang

Kedung Cinet

Saat berkunjung ke Jombang, rasanya kurang lengkap kalau belum mengunjungi Kedung Cinet. Tempat wisata di Jombang yang satu ini bisa dibilang miniatur dari Grand Canyon. Kedung Cinet merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah cukup populer dan merupakan destinasi primadona bagi pelancong yang tertarik dengan lanskap anti-mainstream.

Kedung Cinet ini merupakan wisata alam Jombang yang terbentuk dari kombinasi tebing bebatuan kapur dengan aliran air bernuansa hijau di sekitarnya. Selain itu, wisata ini juga memiliki panorama hutan hijau yang rimbun sehingga udara yang dihasilkan masih sangat segar.

Lokasi wisata Kedung Cinet ini terletak di Desa Pojok Klitih, Plandaan, Jombang, tepatnya berada di 10 kilometer dari jembatan Ploso Brantas. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, kamu perlu melewati jembatan gantung yang sudah cukup tua dan menyusuri sungai Brantas yang cukup deras.

Taman Keplaksari

Tempat wisata di Jombang yang murah meriah dengan mengusung konsep eco-green yang sangat ramah lingkungan ini bisa kamu coba kunjungi, namanya adalah Taman Keplaksari. Taman ini bisa kamu jadikan sebagai opsi yang menarik untuk sekedar bersantai dan menikmati pemandangan taman yang hijau.

Di taman ini terdapat puluhan patung binatang yang terbuat dari bahan-bahan daur ulang, sehingga menjadi keunikan tersendiri. Di sini kamu bisa menikmati fasilitas yang ada seperti memancing di kolam pemancingan, menikmati taman yang segar, danau dengan air yang jernih, serta lapangan tenis.

Wisata alam Jombang ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan masa libur di akhir pekan. Lokasinya yang mudah dijangkau, membuat Taman Keplaksari menjadi salah satu tujuan wisata alam Jombang.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jombang

Kampoeng Djawi

Kampoeng Djawi pada dasarnya bukan merupakan objek wisata yang bisa dikunjungi secara bebas. Pasalnya tempat ini merupakan sebuah vila yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan. Di tempat ini kamu bisa bersantai di pinggiran kolam sembari menikmati sejuknya udara khas pedesaan.

Banyak hal menarik yang menjadikan tempat ini kerap dikunjungi wisatwan dari berbagai daerah. Soalnya, wisata Jombang ini juga memiliki banyak wahana permainan. Di sini kamu juga bisa mengerjakan berbagai macam aktivitas wisata seperti berkeliling lokasi Kampoeng Djawi dengan menggunakan kapal sampan, bersepeda, dan lain sebaginya.

Kampoeng Djawi ini berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut dengan udara yang cukup segar dikelilingi pegunungan dan hamparan sawah di sekitar, sehingga mmeperkuat suasana desa yang menyatu dengan keindahan alam. Destinasi ini termasuk dalam wisata Jombang yang sudah cukup terkenal, dan banyak dipilih untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Bila kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Jombang ini, langsung saja bertandang ke lokasi yang berada di Desa Godang, Wonosalam, Jombang.

Taman Ponggok

Taman Ponggok merupakan tempat wisata di Jombang yang instagramable. Di sini, kamu bisa berswafoto dengan berbagai latar yang indah dan menarik. Salah satu spot foto yang paling diminati adalah di tengah padang bunga Calendula yang sedang mekar. Lokasinya berada di Banjar Sari, Bandar Kedung Mulyo, Jombang, Jawa Timur.

Rumah Hobbit

Salah satu tempat wisata di Jombang ini juga cukup terkenal, yaitu Rumah Hobbit di Banyumili Eco Tourism. Rumah Hobbit yang berada di tengah taman memberikan keunikan tersendiri dan bisa menjadi latar yang menarik dan instagramable.