Sukses

ITS Bikin Kapal Pintar Tanpa Awak, Mampu Tembus Berbagai Cuaca

Produk kapal pintar tanpa awak karya ITS ini sekaligus melengkapi produk-produk sebelumnya seperti Robot Raisa dan mobil pintar (I-Car)

Liputan6.com, Surabaya - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, menciptakan kapal pintar tanpa awak atau Intelligent Boat (I-Boat) yang diluncurkan di PT Galangan Kapal Madura, Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (29/9/2020). 

"Kapal tanpa awak ini merupakan buatan tim dosen dan mahasiswa sebanyak 41 orang dan diresmikan dalam rangkaian Lustrum XII ITS," kata Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng di sela peluncuran tersebut.

Prof Ashari mengatakan, produk ITS ini sekaligus melengkapi produk-produk sebelumnya seperti Robot Raisa dan mobil pintar (I-Car) yang telah diluncurkan pada 17 Agustus 2020 dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke–75. 

"Dengan kondisi laut yang bergelombang terutama di saat cuaca buruk, kapal ini sangat presisi digunakan ke pulau-pulau kecil," ujar dia. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menembus Berbagai Cuaca

Dia menuturkan, dengan dikendalikan teknologi, I-Boat mampu menembus di berbagai cuaca serta berani melawan gelombang tinggi sehingga mampu membantu kecelakaan pada pelayaran seperti korban tenggelam. Selanjutnya dengan memasangkan perangkat pintar pada I-Boat, kapal dapat dijalankan dengan kendalikan teknologi.

"Dengan kemampuannya, kapal ini dirancang dapat diperintah untuk menuju lokasi koordinat tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya. Jika terdapat koneksi internet di wilayah operasionalnya, pengguna dapat mengendalikan I- Boat melalui aplikasi user interface. Baik yang bersifat web-based maupun yang beroperasi melalui gadget android," ujar dia.

Berdasar perintah operator, I-Boat akan berlayar menuju sasaran koordinat yang diinginkan. Dalam pengembangan penelitian tahap berikutnya, I-Boat akan memiliki fitur berupa pemanggilan dan penetapan koordinat tujuan dapat dilakukan untuk areal laut yang lebih luas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.