Sukses

VIDEO: Belajar Sambil Bermain Musik di Alam Terbuka Hilangkan Kejenuhan

Liputan6.com, Jakarta - Sejak belajar di rumah diberlakukan akibat pandemi COVID-19, belajar daring tampaknya sudah mulai membosankan bagi siswa.

Agar tetap semangat belajar, seorang seniman musik di Madiun, berinisiatif mengajak anak-anak usia sekolah di desanya, untuk belajar di alam bebas, sambil bernyanyi. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 29 September 2020.

Sekali dalam seminggu, anak-anak di Desa Sidorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, berkumpul di sebuah pinggir jalan, menuju sawah dan ladang.

Di bawah rindangnya pohon trembesi dan bambu, mereka menggelar tikar untuk belajar bersama. Belajar di alam terbuka ini digagas oleh Dahlan Efendi, seorang seniman musik warga setempat. Awalnya hanya diikuti beberapa anak saja, tetapi lambat laun, jumlahnya makin banyak yang ikut belajar bersama.

Sejumlah anak yang ikut belajar bersama di alam terbuka, mengaku senang dan terhibur. Mereka juga mengaku jenuh, karena selama pandemi Covid-19 harus belajar daring di rumah.

Anak-anak yang ikut belajar ini, bukan berasal dari satu kelas maupun satu sekolah yang sama. Kegiatan ini lebih mengutamakan hiburan untuk mengurangi kejenuhan anak-anak belajar daring. 

"Jadi memprihatinkan menurut saya, karena keseharian mereka sudah beberapa bulan ini semenjak ada corona atau Covid-19 ini mereka belajarnya lewat daring di rumah, tiap hari lihat hape terus, bahkan ada anak-anak yang ndak jelas, dalam artian kesehariannya main-main dan tidak diperhatikan seperti itu, akhirnya saya berani inisiatif sendiri untuk memberikan pelajaran serta hiburan kepada anak-anak," ujar Dahlan Efendi, Seniman Musik.

Usai belajar sambil bernyanyi, anak-anak pun pulang dengan hati gembira. Melalui kegiatan belajar di alam terbuka ini, diharapkan semangat belajar mereka tetap tinggi, meski tidak bisa belajar bersama di sekolah.