Sukses

VIDEO: Tes Usap COVID-19 Massal Sasar Jasa Tukang Cukur dan Pekerja Salon

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Selasa pagi, tukang potong rambut atau salon karyawan pusat perbelanjaan dan warga sekitar Gedung KONI Gelanggang Remaja Tambaksari Surabaya, menjalani test swab atau tes usap COVID-19 massal gratis yang difasilitasi oleh pemerintah.

Upaya ini disambut antusias, sebab mereka rentan terpapar COVID-19, karena langsung bersentuhan dengan para konsumen. Jika dalam test swab atau tes usap ini nantinya ada yang positif, akan diarahkan untuk isolasi di hotel, Asrama Haji atau isolasi mandiri.

"Imbauan dari Ibu Wali Kota itu untuk para pekerja barber shop, salon atau tukang cukur itu kita harapkan mau memeriksakan dirinya, untuk menjaga kesehatan dirinya pribadi dan konsumennya, karena kontak eratnya barber shop, tukang cukur kan erat, jadi kalau pekerja itu negatif, kan aman juga untuk konsumen," ujar Thoms Danantosa, Kepala Puskesmas Gading Tambaksari.

Sementara di Jombang, sebanyak 61 santri dari sejumlah pesantren dan tenaga medis yang terpapar Covid-19, terus dipantau dan diperiksa kesehatannya di lokasi karantina, Gedung Apartemen Mahasiswa Unipdu Jombang.

Selain pemantauan perkembangan kesehatan, mereka juga di-swab test untuk memastikan apakah masih ada virus corona di dalam tubuhnya.

Puluhan santri dan tenaga medis yang terpapar COVID-19 akan dikarantina selama 14 hari, sembari memastikan apakah yang bersangkutan masih positif atau sudah negatif COVID-19. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 30 September 2020.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.