Sukses

Mahasiswa Unusa Ajak Warga Gresik Mengenal Teknik Tanam Hidroponik

Himpunan Mahasiswa Prodi S1 Gizi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menjalankan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di Gresik.

Liputan6.com, Surabaya - Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi (Prodi) S1 Gizi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menjalankan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di kawasan Desa Dukunanyar, Kecamatan Dukun, Gresik, Jawa Timur.

Ketua Hima Prodi S1 Gizi Unusa, Yunda Andita Putri menuturkan, acara Hima S1 Prodi S1 Gizi Unusa ini akan meningkatkan ketahanan dan keamanan pangan pada masyarakat desa dalam tatanan baru di era industri 4.0 di daerah Desa Dukunanyar, Kecamatan Dukun, Gresik, Jawa timur.

Dengan pembinaan ini, Hima Gizi Unusa bisa membawa masyarakat Desa Dukunanyar dalam ketahanan pangan di tengah pandemi.

"Kami mengajak masyarakat desa untuk penanaman sayur hidroponik hingga mengolah hasil yang panen yang hingga memiliki nilai jual yang cukup bagus," ujar dia, ditulis Sabtu, (3/10/2020).

Yunda menuturkan, Hima Gizi Unusa juga membentuk kader dari masyarakat desa serta melakukan sosialisasi mengenai ketahan dan keamanan pangan.

"Dengan begitu akan terbentuk masyarakat yang memiliki ketahanan pangan yang cukup bagus," kata dia.

Mahasiswa dari Hima S1 Gizi Unusa ini memberikan pelatihan menanam tanaman hidroponik. "Kami mengajarkan masyarakat dalam membuah hingga penanaman hidroponik yang memang lebih ringkas serta tidak memerlukan lahan yang luas," ucap Yunda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Memanen

Selain itu juga, mahasiswa memberikan cara memanen hasil tanaman yang ditanam dengan teknik hidroponik. "Di mana hasil hidroponik ini lebih bagus, besar dan sehat karena tidak menggunakan bahan kimia pestisida atau lainnya," ujar dia.

Pandemi COVID-19 seperti saat ini membuat beberapa sektor terpengaruhi salah satunya ketahanan pangan. Dengan adanya pembinaan ini, Yunda berharap memenuhi ketahanan pangan dari masyarakat desa Dukunanyar.

"Terlebih bagi masyarakat yang memang terdampak pada ketahanan pangan pasca pandemi, jadi kami juga mengajarkan ke masyarakat dalam mengolah hasil panen mereka untuk dijual kembali," kata dia.

Yunda berharap masyarakat bisa terus terus mengembangkan hasil tanam dengan teknik tanam hidroponik di rumahnya. "Karena memang hasilnya lebih terlihat dan biasa dijual kembali," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.