Sukses

Produk Olahan Umbi-umbian Jatim Tembus Pasar AS

Produk pertanian seperti ubi jalar dan umbi-umbian yang banyak ditanam di Jawa Timur bisa menyumbang devisa.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan mengungkapkan, produk olahan umbi-umbian yang dihasilkan CV Hortindo Agrokencana Farm, atau perusahaan bidang industri agro frozen food dari Jawa Timur (Jatim) mampu menembus pasar Amerika Serikat (AS) di tengah masa pandemi COVID-19. 

Dia menuturkan, tembusnya komoditas olahan umbi-umbian ini dapat menjadi inspirasi bagi pelaku usaha lainnya, agar bisa memberikan nilai tambah terhadap produknya.

"Jawa Timur sebagai provinsi dengan lahan pertanian yang masih luas, dapat menghasilkan komoditas pertanian lokal kualitas ekspor yang dapat disukai oleh negara lain," kata Drajat, Sabtu (3/10/2020). 

Ia mengatakan, dengan pangsa pasar ekspor diharapkan produk pertanian seperti ubi jalar dan umbi-umbian yang banyak ditanam di Jawa Timur bisa menyumbang devisa.

"Kami dari Disperindag Jatim mendukung CV Hortindo Agrokencana Farm untuk memberikan fasilitasi pengembangan produk serta kemudahan dokumen ekspor yang diperlukan," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelola Olahan Makanan

Sementara pemilik CV Hortindo Agrokencana Farm, Ahmad Hadi mengatakan, total komoditas Frozen Breadfruit Tostones yang diekspor ke New Jersey, Amerika Serikat sebanyak 18,5 MT (1 kontainer 40 ft).

"Selain melakukan ekspor, perusahaan kami juga memasarkan beberapa produk lain di pasar lokal seperti Bali, Medan dan Malang untuk olahan makanan seperti kacang bali, bakpia, dan frozen vegetables and fruit," ujar Ahmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.