Sukses

Kisah Sukses Peternak Ikan Cupang di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah keterpurukan ekonomi akibat pandemi COVID-19, seorang warga Surabaya, Dony Maulana malah meraup untung lantaran usahanya dalam menjual ikan cupang.

Dony merupakan salah satu pekerja yang terdampak dari pandemi COVID-19, tetapi ia tak patah semangat. Dirinya mulai menggali kembali hobi lama yang pernah ia geluti, yaitu beternak ikan cupang.

Ikan berukuran kecil itu punya nilai ekonomi yang besar. Terbukti, dalam sebulan, Dony mengaku bisa meraup untung hingga belasan juta rupiah.

Pasar yang disasar tidak hanya daerah di Indonesia saja, melainkan juga sampai ke mancanegara.

"Kalau untuk penjualan, alhamdulillah, saya sudah mengirim ke luar pulau hingga ke luar negeri,” kata Dony dalam tayangan Liputan6, seperti ditulis Minggu, (4/10/2020).

Budidaya betta fish atau lebih dikenal dengan sebutan ikan cupang ini sudah digeluti warga Jalan Mleto, Kota Surabaya ini sejak tiga tahun lalu. Namun, tidak menjadi pekerjaan utama, melainkan hanya hobi semata.

Pada Mei 2020, pria berusia 32 tahun ini mulai menggeluti pekerjaan tersebut lebih serius lagi. Lantaran, dirinya menjadi salah satu yang terdampak dari pandemi COVID-19.

"Itu hanya sebatas hobi, kembang biak, sampingan, akhirnya semenjak ada pandemi covid bulan Maret, kan kerjaan sudah di-lockdown semua, akhirnya keluar dan fokus ke cupang sampai sekarang ini," tutur Dony.

 

2 dari 3 halaman

Cupang Berkelas

Pekerjaan yang tadinya hobi ini membawa hoki bagi Dony. Beruntungnya lagi, tren ikan cupan terus menanjak naik sehingga menambah pundi-pundi rupiah bagi Dony.

"Tren cupang terus naik, gak ada turunannya,” ujar dia.

Dony memiliki lebih dari 2.000 ikan cupang yang terdiri dari jenis cupang plakat, halfmoon, serit hingga cupang giant. Mengenai cara budidaya ikan cupang, Dony menyatakan bahwa sangat mudah, namun tetap dibutuhkan ketelatenan dalam merawatnya.

Sementara itu, ikan cupang milik Dony dihargai mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung pada warna dan bentuk ikan cupang.

Selain meraup keuntungan, Dony juga berhasil menyabet berbagai piala dalam sejumlah kontes ikan cupang di berbagai kota. Itu membuktikan bahwa ikan cupang milik Dony termasuk ikan yang berkelas.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini