Sukses

Tamu Perayaan Hari Habitat Dunia Dapat Fasilitas Tes Usap COVID-19 Gratis

Dinas Kesehatan Kota Surabaya telah menyediakan fasilitas tes usap gratis di Bandara Juanda untuk tamu acara World Habitat Day yang baru tiba di Kota Pahlawan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya menyatakan rangkaian acara Hari Habitat Dunia 2020 juga menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, Pemkot Surabaya memfasilitasi swab atau tes usap COVID-19 gratis kepada para tamu yang mengikuti perayaan global Hari Habitat Dunia atau World Habitat Day di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur yang akan dimulai pada 5 Oktober 2020 malam.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara menuturkan, Dinas Kesehatan Kota Surabaya telah menyediakan fasilitas tes usap gratis di Bandara Juanda untuk tamu acara World Habitat Day yang baru tiba di Kota Pahlawan.

"Jadi setelah turun dari pesawat mereka langsung dilakukan swab test di bandara," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, ditulis Senin, (5/10/2020).

Febriadhitya menuturkan, karena masih di masa pandemi COVID-19, tentunya jumlah tamu yang hadir untuk mengikuti rangkaian acara Hari Habitat Dunia dibatasi. Selain itu pula mereka juga wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Peserta yang sudah tiba adalah Duta Besar Meksiko untuk Indonesia Armando Gonzalo Alvarez Reina dan Duta Besar Kolombia untuk Indonesia Juan Camilo Valencia Gonzalez. Kedua tamu undangan itu setelah tiba di Bandara Juanda langsung mengikuti tes usap COVID-19.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inisiatif Pemkot Surabaya

Menurut Febri, fasilitas tes usap gratis di Bandara Juanda yang disiapkan untuk tamu undangan ini merupakan inisiatif dari Pemkot Surabaya, baik untuk tamu yang berasal luar kota ataupun mancanegara sehingga sebelum mengikuti rangkaian acara, mereka dapat dipastikan bebas dari COVID-19.

"Jadi itu inisiatifnya Pemkot Surabaya untuk tamu yang datang dari luar kota atau luar negeri. Setelah menjalani swab mereka kemudian tinggal di hotel sembari menunggu hasil swab keluar," kata dia.

Kota Surabaya telah dinobatkan menjadi tuan rumah perayaan global Hari Habitat Dunia yang akan dimulai pada Senin malam, 5 Oktober 2020.

Acara internasional yang selalu digelar tiap hari Senin pertama di Bulan Oktober ini bekerja sama dengan UN-Habitat, badan PBB yang bergerak di bidang pemukiman dan pembangunan kota berkelanjutan. Nantinya acara perayaan Hari Habitat Dunia itu akan dibuka di halaman Balai Kota Surabaya pada Senin malam.

Saat acara itu, akan ada panggung penampilan parade seni, pemberian penghargaan kepada lima pemenang UN-Habitat Scroll of Honour yang berasal dari Uganda, Malaysia, Nepal, Kolombia, dan Meksiko. Namun, karena ada beberapa kendala di tengah pandemi ini, yang hadir ke Surabaya hanya dua orang pemenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.