Sukses

Polisi Ungkap Kasus Asusila Bapak terhadap Anak Kandungnya

Kepala Polresta Kediri AKBP Miko Indrayana menuturkan, kasus itu terungkap berawal dari aduan di media sosial dan langsung ditindaklanjuti oleh anggota.

Liputan6.com, Jakarta - Aparat Kepolisian Resor Kota Kediri, Jawa Timur mengungkap kasus asusila seorang bapak terhadap anak kandungnya di Kediri, Jawa Timur sehingga korban alami trauma mendalam.

Kepala Polresta Kediri AKBP Miko Indrayana menuturkan, kasus itu terungkap berawal dari aduan di media sosial dan langsung ditindaklanjuti oleh anggota.

"Satreskrim melakukan lidik dan saat ini sudah dalam tahap penyidikan kasus tersebut. Kami amankan orang tua lelaki, WA, di salah satu kecamatan di Kota Kediri," ujar Kapolresta di Kediri, Senin, 5 Oktober 2020, seperti dikutip dari Antara.

Dari hasil pemeriksaan, kasus itu terjadi ketika korban yang merupakan anak kandung masih duduk di bangku sekolah dasar. Bahkan, terus berlanjut hingga korban duduk di bangku tingkat SMA. Korban kini juga mendapatkan dampingan dari tim ahli untuk memulihkan kondisi psikologis korban.

Dari hasil penelusuran, korban selama ini selalu diancam oleh ayahnya, sehingga tidak berani melaporkan ke ibunda korban atau anggota keluarga lainnya. Bahkan, korban cenderung pendiam.  Padahal, selama ini prestasinya di sekolah juga cukup baik. Untuk itu, kini tim ahli berusaha untuk selalu mendampingi korban agar tidak mengalami trauma berkepanjangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara

Ayah korban yang merupakan seorang pedagang tersebut juga pelaku masih ditahan di Mapolresta Kediri. Untuk ibunda korban, rencananya juga dimintai keterangan untuk mengungkap kasus tersebut.

"Korban tidak pernah cerita. Ini yang kami dalami untuk ancaman ke yang bersangkutan. Kami tidak bisa bertanya langsung ke yang bersangkutan, karena kami juga menjaga sisi psikologis adik kita. Namun, untuk saat ini informasi yang kami terima dari ahli bahwa kondisinya stabil, tapi harus tetap sama-sama jaga," ujar dia.

Sementara itu, pelaku hanya diam saja dan tertunduk lesu saat dibawa di ruangan. Ia juga hanya mengenakan celana pendek dengan kaos berwarna jingga tanpa mengenakan alas kaki. Tangan pelaku juga diborgol oleh petugas.

Selain itu, dirinya juga mengenakan masker, karena saat ini masih di masa pandemi COVID-19. Selain menahan bapak pelaku asusila, polisi juga menyita sejumlah barang bukti.

Seluruh barang itu masih tersimpan di gudang barang bukti di Mapolresta Kediri. Polisi akan menjerat dengan hukuman penjara, karena yang bersangkutan telah melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.