Sukses

Kepala Dinas Pertanian Kota Probolinggo Sudiman Meninggal karena Terpapar COVID-19

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Probolinggo Sudiman dirawat di RSUD dr Moh. Saleh sejak Minggu, 4 Oktober 2020, karena terinfeksi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Probolinggo Sudiman (52) tutup usia karena terpapar COVID-19. Ia sempat dirawat di RSUD dr Moh. Saleh.

"Beliau dibawa ke ruang isolasi, kami berikan oksigen, injeksi, obat radiomavir. Pada hari Senin, 5 Oktober 2020 mengambil plasma (aferesis), kemudian terapi konvalesen pada Selasa, 6 Oktober 2020," ujar Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Probolinggo dr Abraar Kuddah di Probolinggo, Rabu, (7/10/2020), seperti dikutip dari Antara.

Sudiman dirawat di RSUD dr Moh. Saleh sejak Minggu, 4 Oktober 2020, saturasi oksigennya adalah 68 persen, sedangkan seseorang dalam kondisi normal adalah 96 hingga 100 persen. Terdapat gambaran dari paru mengalami vibrosis di kedua parunya dan hasil IGM (Immunoglobulin) dan IgG reaktif.

"Pada hari Senin, 5 Oktober 2020, kondisi Sudiman sempat membaik. Tes usap dilakukan pada Senin, 5 Oktober 2020 pagi dan sore, hasilnya sudah keluar dan dinyatakan positif COVID-19," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan kepada Warga Kota Probolinggo

Ia mengatakan, pihaknya sudah menduga Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Probolinggo Sudiman terinfeksi COVID-19 pada Minggu, 4 Oktober 2020 saat masuk RSUD dr Moh. Saleh, karena gambaran parunya sudah bisa diprediksikan seperti itu (pemeriksaan), kemudian drop dan pada Rabu pukul 11.30 WIB dinyatakan meninggal dunia.

"Saya berharap kepada masyarakat Kota Probolinggo tidak menghakimi pasien COVID-19 adalah aib. Stop stigma dan judge pasien COVID-19 adalah aib," ujar dia.

Abraar mengatakan tenaga kesehatan tidak pernah memberikan stigma seperti itu dan justru masyarakat sendiri lah yang menghakimi demikian, sehingga pihaknya juga memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak meremehkan COVID-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Virus corona itu memang benar-benar ada dan tidak perlu menyikapi berlebihan, namun juga jangan meremehkan. New normal hidup lebih sehat yakni istirahat cukup, makan yang bergizi dan periksakan diri saat sakit," kata dia.

Almarhum Sudiman dikenal sebagai sosok yang sangat peduli, baik dan cukup dekat dengan semuanya, terlebih sesama rekan kerja.

Wakil Wali Kota Probolinggo Mochammad Soufis Subri, Sekretaris Daerah drg Ninik Ira Wibawati, dan sejumlah kepala OPD beserta staf di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo ikut melepas jenazah Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Probolinggo Sudiman di kamar mayat RSUD dr Moh Saleh, Rabu sore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.