VIDEO: Ratusan Buruh di Sidoarjo dan Surabaya Gelar Demo UU Cipta Kerja

VIDEO: Ratusan Buruh di Sidoarjo dan Surabaya Gelar Demo UU Cipta Kerja

Ratusan buruh dari sejumlah elemen dan serikat pekerja se-Kabupaten Sidoarjo, dan Surabaya, Jawa Timur, Selasa siang, turun jalan menggelar aksi demo menolak Undang- Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja)atau omnibus law.

Dengan pengawalan ketat aparat Kepolisian, buruh konvoi. Menurut rencana aksi demo ini akan dilakukan tiga hari berturut-turut. Berikut diberitakan pada program Fokus,7 Oktober 2020.

Upaya menolak berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja atau omnibus law disampaikan ratusan buruh Kabupaten Sidoarjo dalam unjuk rasa Selasa siang.

Ratusan buruh dari berbagai elemen, dan serikat pekerja ini konvoi di Jalan Protokol Sidoarjo menuju Kantor Dinas Tenaga Kerja dan DPRD Sidoarjo.

Selain menolak Undang-Undang Cipta Kerja, omnibus law, buruh juga menuntut dinas terkait di Sidoarjo segera merancang upah minimum Sidoarjo tahun 2021, serta membereskan seluruh masalah ketenagakerjaan dengan melibatkan buruh dan pengusaha.

Aksi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja, omnibus law ini juga dilakukan ratusan buruh di Surabaya. Mereka berkonvoi mengendarai sepeda motor berunjuk rasa di kawasan Rungkut Industri Surabaya. Para buruh ini keliling di kawasan pabrik, mengajak buruh lainnya untuk melakukan aksi solidaritas.

Mereka menolak dengan tegas Undang-Undang Cipta Kerja karena akan merugikan kaum buruh. Karena itu, mereka mendesak DPR RI mencabut Undang-Undang Cipta Kerja, yang sejak awal telah memunculkan kontroversi di kalangan masyarakat, terutama kaum buruh.

"Supaya tidak ditetapkan, ditarik, karena merugikan buruh-buruh, ya istilahnya, upah kita kan hilang, upah kita dari harian, satu, keduanya, kalau kita pensiun itu nggak dapat pesangon," kata Bachtiar, Korlap Aksi.

Usai melakukan pawai keliling di kawasan Rungkut Industri, para buruh ini kemudian menuju ke Kantor DPRD Jawa Timur, Jalan Indrapura Surabaya. Mereka bergabung dengan buruh lainnya untuk menyampaikan aspirasinya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 08 October 2020, 12:36 WIB

Video Terkait

Spotlights