Sukses

6 Pilihan Toko Kue Spikoe, Buah Tangan khas Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Jika berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur tentu tidak sah jika belum berbelanja buah tangan untuk keluarga maupun kerabat. Salah satu yang wajib dibeli sebagai oleh-oleh adalah Spikoe Surabaya

Kue berlapis yang lembut dan manis ini merupakan kue khas dari Belanda. Menurut sejarahnya, kue spikoe ternyata sudah ada sejak era penjajahan Belanda di Indonesia.

Mulanya, kue satu spikoe hanya dikonsumsi oleh Bangsa Belanda yang tinggal di Indonesia. Spikoedibuat menggunakan resep kue dari Belanda (Dutch Cake Recipe), dan dalam perkembangannya telah terjadi proses akulturasi yang disesuaikan dengan lidah dan cita rasa Indonesia.

Namun, setelah Indonesia merdeka dan sampai sekarang kue spikoe masih ada dan terkenal menjadi oleh-oleh khas Surabaya.

Spiku atau Spikoe merupakan Bahasa Belanda berasal dari kata Spekkoek yang memiliki arti kue lapis. Spikoe terbuat dari bahan utama berupa adonan tepung dan telur. Bentuk dari spikoe terdiri dari dua lapisan pada umumnya dan berwarna kuning-coklat yang digabungkan menggunakan selai nanas di tengah sebagai perekatnya. Spikoe juga memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis.

Sedangkan untuk spikoe yang lebih modern biasanya sudah dibuat dengan berbagai kombinasi warna dan bentuk. Variasi dari bahan dan cara pembuatannyajuga semakin banyak, salah satunya adalah spikoegulung yang mirip dengan bolu meranti.

Pada awalnya kue ini lebih banyak menggunakan bahan-bahan ala Eropa. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, sekarang spikoe telah disesuaikan dengan lidah bangsa Indonesia tentunya menggunakan bahan-bahan dari Indonesia. Sehingga rasa tersebut akan sangat pas di lidah siapa saja.

Asal usul sejarah kue spekoe masih dipertanyakan karena tidak ada data maupun kajian yang pasti. Namun, kehadiran spekoe diperkirakan masuk ke Indonesia bersamaan dengan bangsa Belanda yang menjajah Indonesia. Kala itu, budaya bangsawan Belanda yang rutin mengadakan perjamuan sore berupa minum teh dan memakan kue Spekkoek sebagai pendampingnya.

Kue spikoe yang berkembang di Indonesia bentuknya berlapis-lapis dan banyak dikenal dengan nama lapis legit karena rasa yang cenderung manis.

Namun, berkembangnya zaman, spikoe juga berevolusi dan memiliki bermacam variasi. Mulai dari lapisannya ada yang dua atau tiga lapis bahkan lebih dari 3 lapis dan ada juga spikoe dengan tambahan isi kismis, plum, keju, kacang almond dan sebagainya.

Di Surabaya terdapat banyak toko kue yang menjual spikoe. Tetapi yang paling terkenal adalah Spikoe Resep Kuno yang ada di jalan Rungkut Madya Surabaya. Berikut rangkuman toko yang menjual spikoe di Surabaya yang dapat jadi pilihan, seperti mengutip dari berbagai sumber, Sabtu, (10/10/2020):

 

(Ihsan Risniawan-FIS UNY)

2 dari 3 halaman

6 Toko yang Bisa Jadi Pertimbangan

1.Spikoe Resep Kuno, Masih Mempertahankan Cita Rasa yang Asli

Lokasi toko ada di Jl. Rungkut Madya No. 41 Surabaya.

2. Christine Spiku, Memiliki Varian Spikoe Coklat yang Khas

Lokasi toko ada di Pasar Atum, Jl. Bunguran 45 No.11 Surabaya

3. Spiku Hamada Bakkery, Terdapat Jenis Spikoe Mini, Cocok Sebagai Buah Tangan

Lokasi toko ada di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.36 Surabaya

4. Spikoe Livana, Memiliki Andalan Spikoe Batiknya

Lokasi toko ada di Jl. Mayjend Sungkono No. 180A, Surabaya

5. Spiko Klasik, Terkenal dengan Spikoe Cream Cheese

Lokasi toko ada di Jl. Manyar Tirtoasri IV No.9, Surabaya

6. Spiku Ayu, Merupakan Spesialis Spikoe Roll

Lokasi toko ada  di Jl. Babatan Pantai Ut IX/26, Surabaya

 

(Ihsan Risniawan-FIS UNY)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini