VIDEO: Bobota, Robot Bojonegoro Tangguh Bantu Penanganan COVID-19

VIDEO: Bobota, Robot Bojonegoro Tangguh Bantu Penanganan COVID-19

Inovasi memanfaatkan teknologi tepat guna, dikembangkan Polres Bojonegoro, dengan membuat robot untuk membantu polisi, menegakkan aturan protokol kesehatan.

Bobota, singkatan dari Robot Bojonegoro Tangguh itu, bisa memperingatkan warga yang tak mengenakan masker, menjadi lampu lalu lintas, bahkan bisa membaca nomor kendaraan. Berikut kita simak informasinya pada Liputan6, 8 Oktober 2020.

Memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan kinerja, pihak Polres Bojonegoro, membuat Bobota, singkatan dari Robot Bojonegoro Tangguh. Dilengkapi berbagai fitur canggih, Bobota bisa membantu polisi menegakkan aturan protokol kesehatan COVID-19.

Di antaranya, robot ini bisa diprogram memperingatkan warga yang bergerombol, dan tak mengenakan masker. Cara kerjanya, operator memberikan himbauan mematuhi protokol kesehatan, melalui pantauan dari kamera yang terpasang pada robot.

Tak hanya itu, robot ini juga bisa berkomunikasi dua arah, antara warga dan polisi di ruang kontrol. Sehingga jika ada warga melapor, langsung bisa ditangani. Bobota juga disiapkan menjadi lampu lalu lintas, jika traffic light mati.

Bahkan, Bobota bisa membaca plat nomor kendaraan bermotor dengan cepat, dan memberikan status kendaraan tersebut. Mulai pajak mati, plat mati, hingga jika ada laporan kehilangan sesuai plat nomor kendaraaan. Sehingga polisi bisa langsung bertindak cepat.

"Ini adalah karya dari personil Polres Bojonegoro mempunyai fitur-fitur yang pertama adalah, kamera yang bisa mendeteksi plat nomor kendaraan, dimana plat nomor itu apabila tidak terdaftar atau terkait tindak pidana yang sudah diblokirkan ke Samsat, data base bisa kita deteksi, terus yang kedua, terkait masalah masker, bisa scanning masker, tidak menggunakan masker secara otomatis bisa diingatkan, yang ketiga yaitu bisa untuk video call, ketika robot ini berpatroli, bisa berinteraksi dengan masyarakat di jalan," ujar AKBP Moch Budi Hendrawan, Kapolres Bojonegoro.

Hadirnya Bobota diharapkan membantu tugas aparat Polres Bojonegoro dalam melayani masyarakat, menjadi lebih cepat dan profesional.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 11 October 2020, 09:00 WIB

Video Terkait

Spotlights