Sukses

Simak 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Bicara soal kesehatan mental juga termasuk hal penting, bukan hanya fisik saja. Ingin menjaga kesehatan mental?

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Dunia. Hari Kesehatan Mental Dunia ini diperingati pertama kali pada 10 Oktober 1992.

Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia ini dimulai sebagai kegiatan tahunan oleh World Federation for Mental Health (WFMH) oleh Wakil Sekretaris Jenderal Richard Hunter. Pada saat itu secara resmi diperingati setiap tahun pada 10 Oktober.

Mengutip laman wfmh.global, pada awalnya peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia tidak memiliki tema khusus. Tujuannya untuk mempromosikan advokasi kesehatan mental dan mendidik publik tentang isu relevan. Dalam tiga tahun pertama, salah satu kegiatan utama untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia dengan siaran dua jam secara global melalui satelit badan informasi Amerika Serikat.

Kemudian pada 1994, atas usul Sekretaris Jenderal Eugene Brody untuk mulai memakai tema perayaan. Pada saat itu juga digunakan tema perayaan Hari Kesehatan Mental Dunia untuk pertama kalinya yaitu Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Mental di seluruh dunia.  Laporan umpan balik diterima dari 27 negara segera setelah kampanye itu, dengan kampanye terkemuka di Australia dan Inggris.

Di banyak negara, anggota dewan WFMH berperan penting mengatur acara. Dalam tiga tahun, Hari Kesehatan Mental Dunia telah menjadi kesempatan berharga bagi pihak yang tertarik termasuk pemerintah, organisasi dan individu yang berkomitmen untuk mengatur program yang berfokus pada aspek perawatan kesehatan mental.

Bicara soal kesehatan mental juga termasuk hal penting, bukan hanya fisik saja. Ingin menjaga kesehatan mental? Berikut 10 cara praktis untuk menjaga kesehatan mental seperti dikutip dari mentalhealth.org.uk, Sabtu (10/10/2020):

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Ungkapkan Perasaan Anda

Membicarakan perasaan dapat membantu tetap menjaga kesehatan mental yang baik. Ini juga terutama ketika menghadapi masalah.

Berbicara tentang perasaan Anda bukan tanda kelemahan. Itu adalah bagian dari mengendalikan kondisi dengan baik dan melakukan apa yang bisa dikerjakan untuk tetap sehat.

Berbicara bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah yang sudah lama ada di kepala Anda. Hanya dengan didengarkan dapat membantu Anda merasa didukung dan tidak sendirian. Hal itu bekerja dua arah. Jika Anda terbuka, itu mungkin mendorong lain untuk melakukan hal sama.

Tidak selalu mudah menggambarkan perasaan Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan satu kata pun, gunakan banyak kata. Jika awalnya terasa canggung, berikan waktu. Banyak orang merasa lebih nyaman saat percakapan ini berkembang secara alami mungkin saat mengerjakan sesuatu hal bersama.

3 dari 11 halaman

Tetap Aktif dan Berolahraga

Para ahli yakin olahraga melepaskan hormon di otak Anda yang membuat Anda merasa baik. Olahraga teratur dapat meningkatkan kepercayaan diri, membantu konsentrasi, tidur dan merasa lebih baik. Olahraga juga menjaga kesehatan otak dan organ vital lainnya.

Berolahraga tidak hanya berarti olahraga atau pergi ke gym. Berjalan-jalan di taman, berkebun dan melakukan pekerjaan rumah juga dapat membuat Anda tetap aktif.

Para ahli menyatakan biasanya olahraga dan latihan dilakukan sekitar 30 menit setidaknya lima hari seminggu. Cobalah untuk menjadikan aktivitas fisik yang disukai sebagai bagian dari hari Anda.

4 dari 11 halaman

Makan yang Baik

Ada hubungan yang kuat antara apa yang kita makan dan bagaimana perasaan kita. Misalnya kafein dan gula dapat memiliki efek langsung. Akan tetapi, makanan juga memiliki efek panjang pada kesehatan mental Anda.

Otak Anda membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan berfungsi baik sama seperti organ lain. Pola makan yang baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Makan setidaknya tiga kali sehari dan minum banyak air. Coba batasi minuman kafein dan bergula tinggi.

5 dari 11 halaman

Hindari Minuman Alkohol

Mungkin sering minum alkohol mengubah suasana hati. Beberapa orang minum untuk atasi rasa takut dan kesepian, tetapi efeknya hanya sementara.

Ketika minuman habis, Anda merasa lebih buruk karena mempengaruhi otak dan bagian tubuh lainnya. Minum alkohol bukan cara baik untuk mengatasi perasaan yang sulit. Adapun minuman alkohol, nikotin dan obat-obatan tidak memecahkan masalah tetapi menciptakannya.

6 dari 11 halaman

Tetap Berhubungan

Ikatan keluarga yang kuat dan teman supportif dapat membantu Anda mengatasi tekanan hidup. Teman dan keluarga dapat membuat Anda merasa dilibatkan dan diperhatikan. Mereka dapat menawarkan pandangan yang berbeda dan membantu Anda tetap aktif serta memecahkan masalah.

Tidak ada lebih baik dari pada bertemu langsung dengan seseorang. Meski tidak selalu memungkinkan coba dengan online. Selain itu jika ada baiknya berhubungan dengan seseorang membuat Anda merasa dicintai dan dihargai.

7 dari 11 halaman

Meminta Bantuan

Tak satu pun dari kita adalah manusia super. Kita semua terkadang lelah dan kewalahan dengan perasaan serta kalau ada yang salah.

Jika segala sesuatunya terlalu banyak untuk Anda dan merasa tidak dapat mengatasinya, mintalah bantuan. Keluarga dan teman mungkin dapat menawarkan bantuan. Jika tidak bergabung dengan komunitas yang baik untuk membantu Anda, mencari konseling untuk membantu.

8 dari 11 halaman

Istirahat

Perubahan suasana baik untuk kesehatan mental. Misalkan dengan memberikan jeda lima menit untuk membersihkan pekerjaan rumah, istirahat makan siang ketika di tempat kerja, atau libur menjelajahi tempat baru saat akhir pekan.

Berikan waktu untuk menghilangkan stres Anda. Beri diri dengan waktu me time atau waktu saya. Beristirahat juga bisa dilakukan dengan tidak melakukan banyak hal, menarik nafas dan rileks. Coba yoga dan meditasi.

Dengarkan tubuh Anda. Jika benar-benar lelah berikan waktu untuk tidur. Tanpa tidur nyenyak, kesehatan mental dan konsentrasi menurun.

9 dari 11 halaman

Lakukan Sesuatu yang Anda Sukai

Apa yang Anda suka lakukan? Aktivitas apa yang disuka? Apa yang suka dilakukan di masa lalu? Pertanyaan itu mungkin dapat membantu Anda menikmati waktu untuk mengalahkan stres. Melakukan aktivitas yang Anda sukai mungkin berarti Anda ahli dalam hal itu dan mencapai sesuatu yang meningkatkan harga diri Anda.

Misalkan dengan berkebun, mengisi teka teki silang dapat membantu Anda melupakan kekhawatiran sementara waktu dan mengubah suasana hati.

10 dari 11 halaman

Terimalah Siapa Diri Anda

Beberapa dari kita membuat orang tertawa, beberapa orang pandai matematika, dan lain ada jago memasak. Kita semua berbeda. Jauh lebih sehat untuk menerima diri, kalau Anda unik. Merasa nyaman dengan diri sendiri akan meningkatkan kepercayaan diri Anda untuk dapat mempelajari keterampilan baru, mengunjungi tempat baru dan mencari teman baru.

Banggalah terhadap siapa dirimu. Kenali dan terima apa yang tidak Anda kuasai, tetapi fokus pada apa yang bisa Anda lakukan dengan baik. Cari tahu apakah ada sesuatu tentang diri Anda yang masih ingin diubah. Apakah harapan Anda realistis? Jika ya, lakukan perubahan dalam langkah-langkah kecil.

11 dari 11 halaman

Peduli Orang Lain

Merawat orang lain sering kali menjadi bagian penting dalam menjaga hubungan dengan orang-orang yang dekat dengan Anda. Itu bahkan bisa membuat Anda lebih dekat.

Mengapa tidak membagikan keterampilan Anda secara lebih luas dengan menjadi sukarelawan? Membantu dapat membuat kita merasa dibutuhkan dan dihargai. Itu meningkatkan harga diri kita.

Dengan memiliki teman saling membantu juga dapat melihat dunia dari sudut lain. Hal itu dapat membantu untuk menempatkan masalah kita dalam perspektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.