VIDEO: Seorang Ibu Rumah Tangga di Sidoarjo Bikin Perhiasan Unik dari Tembaga

VIDEO: Seorang Ibu Rumah Tangga di Sidoarjo Bikin Perhiasan Unik dari Tembaga

Cantik sekali, itulah kesan pertama ketika melihat perhiasan warna-warni, terbuat dari tembaga. Siapa sangka, dari sebuah rumah sederhana di kawasan Pondok Candra, Sidoarjo, Jawa Timur, mampu menghasilkan berbagai perhiasan unik, bernilai seni tinggi.

Pemilik usaha perhiasan ini adalah seorang ibu rumah tangga Lidya Waskita, yang menyulap kabel hingga lempengan tembaga, menjadi berbagai jenis perhiasan. Usaha ini sudah didirikan sejak 2011.

Mulai dari anting, kalung, mahkota, hingga cincin dibuat secara manual, sehingga dapat disesuaikan dengan permintaan pembeli. Maka tidak heran, pelanggannya berasal dari dalam negeri, hingga ke negara tetangga, dan Eropa.

Namun, sayangnya di tengah pandemi COVID-19, penjualan perhiasan tembaga merosot jauh, dan Lidya harus merumahkan tiga karyawannya. Meski begitu, Lidya pantang menyerah dan tetap berkreativitas menciptakan karya-karya baru yang dijualnya melalui media sosial.

"Dari online, melalui IG, facebook juga ada, tetapi yang lebih efektif kalau untuk produk-produk saya adalah melalui pameran, karena tidak semua barang itu bisa diperlakukan atau dijual secara online, karena ada tipe-tipe jenis barang tertentu yang kita butuh penjelasan," ujar Lidya Waskita, Perajin Perhiasan Tembaga.

Bagi Anda yang berminat membeli perhiasan tembaga ini, harganya mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 12 juta, karena salah satu bentuk mencintai produk dalam negeri, adalah dengan membeli produk anak bangsa. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 10 Oktober 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 11 October 2020, 22:30 WIB

Video Terkait

Spotlights