Sukses

Perhiasan Unik dari Tembaga Karya Perajin Sidoarjo Tembus Pasar Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari rumah sederhana di Kawasan Pondok Candra, Sidoarjo, Jawa Timur, seorang ibu rumah tangga menciptakan berbagai perhiasan unik warna-warni bernilai seni tinggi.

Pemilik usaha perhiasan ini bernama Lidya Waskita. Ia menciptakan usaha perhiasan berbahan tembaga sejak 2011.

Di tangan Lidya Waskita, kabel hingga lempengan tembaga ‘disulap’ menjadi berbagai jenis perhiasan. Mulai dari anting, kalung, kalung, mahkota, hingga cincin dibuat secara manual, sehingga dapat disesuaikan dengan permintaan pembeli. Pelanggan pun berasal dari dalam negeri, hingga ke negara tetangga, dan Eropa.

Akan tetapi, sayangnya di tengah pandemi COVID-19, penjualan perhiasan tembaga merosot jauh, dan Lidya harus merumahkan tiga karyawannya. Meski begitu, Lidya pantang menyerah dan tetap berkreativitas menciptakan karya-karya baru yang dijualnya melalui media sosial.

"Dari online, melalui IG, facebook juga ada, tetapi yang lebih efektif kalau untuk produk-produk saya adalah melalui pameran, karena tidak semua barang itu bisa diperlakukan atau dijual secara online, karena ada tipe-tipe jenis barang tertentu yang kita butuh penjelasan," ujar Perajin Perhiasan Tembaga, Lidya Waskita, seperti dikutip dari tayangan Liputan6, ditulis Senin (12/10/2020).

Bagi Anda yang berminat membeli perhiasan tembaga ini, harganya mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 12 juta, karena salah satu bentuk mencintai produk dalam negeri, adalah dengan membeli produk anak bangsa.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini