Sukses

8 Wisata Kuliner Tulungagung Jawa Timur yang Menggugah Selera

Wisata kuliner Tulungagung bisa menjadi alternatif saat berkunjung ke Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Tulungagung bisa menjadi alternatif saat berkunjung ke Jawa Timur. Selain memiliki wisata alam pantai yang banyak, Tulungagung juga memiliki berbagai kuliner enak yang sayang untuk dilewatkan.

Wisata kuliner Tulungagung memiliki beragam pilihan, dari masakan tradisional hingga makanan modern yang khas. Berbagai wisata kuliner Tulungagung memiliki cita rasa yang unik dan tentunya bisa bikin kamu ketagihan.

Wisata kuliner Tulungagung dari makanan berat hingga jajanan tentunya sangat menggugah selera. Bagi kamu yang sedang dalam perjalanan dari atau menuju Jawa Tengah, Tulungagung bisa menjadi salah satu tempat singgah sekaligus menikmati kuliner enak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/10/2020) tentang wisata kuliner Tulungagung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Tulungagung

Ayam Lodho

Ayam Lodho merupakan wisata kuliner Tulungagung yang paling terkenal. Masakannya dijamin super enak. Apalagi, jika ayam lodho dimakan bersama nasi uduk serta urap sayur. Sajian ayam panggang berkuah dengan cita rasa pedas tentunya sangat menggugah selera.

Cara penyajiannya unik. Mirip dengan opor, ayam. Makanan dipanggang terlebih dulu agar aromanya lebih terasa. Ayam Lodho Pak Yusuf yang berlokasi di barat Pasar Ngemplak menjadi incaran para pencinta kuliner.

Kepiting Sambal Ijo

Wisata kuliner Tulungagung selanjutnya adalah kepiting sambal ijo. Kepiting ini di masak dengan bumbu rahasia yang rasanya sangat lezat dan gurih. Salah satu kuliner Tulungagung ini tentunya dapat menggoyang lidah para penikmatnya.

Menyantap kepiting yang masih segar dan ukurannya besar pula tentu membuat kamu puas dan kenyang. Kamu bisa mengunjungi resto kepiting sambal ijo ini di Jalan MT Haryono No. 77B, Tulungagung.

Sate dan Gulai Kambing

Sate Kambing Tulungagung memiliki cita rasa gurih dan lezat. Apalagi saat dibakar sate dicelupkan ke kuah gulai. Setelahnya ditambah bumbu Petis dan kecap manis. Terasa khas sajian kuliner Tulungagung.

Paduan daging kambingnya diolah dengan campuran bumbu rempah. Paduannya saat disantap dengan sepiring nasi hangat benar-benar menggugah selera. Kamu bisa mengunjungi Sate Pak Nyoto yang berlokasi di Jalan W.R. Supratman, Kutoanyar.

3 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Tulungagung

Soto Ayam Condong Raos

Soto ayam yang rasanya sangat lezat dengan campuran kaldu ayam ini bisa bikin ketagihan. Racikan bumbu yang khas menghasilkan kuah bening yang gurih. Kamu akan merasakan soto ayam yang berbeda dengan tempat lainnya di sini. Kamu bisa mengujungi soto ayam kampung condong raos H. Sukeni yang berlokasi di Jl. Raya Ngrendeng No.42.

Sop Ayam Bu Sumirah

Wisata kuliner Tulungagung selanjutnya adalah Sop Ayam Bu Sumirah. Kuliner ini tak pernah lepas dari suwiran daging ayam yang empuk. Sebelum daging ayam digoreng, daging direbus dahulu dengan ketumbar dan kuah kuning agar lebih meresap.

Penyajiannya dengan suwiran ayam goreng, telur rebus,soun dan kol iris halus. Tak lupa perkedel kentang yang padat dengan daging cincang. Kmu bisa mengujungi lokasi Sop Ayam Bu Sumirah di Jalan Teuku Umur, Tulungagung.

Sompil

Sompil terdiri dari irisan lontong dan sayur rebung. Sompil juga bisa disajikan dengan sayur bersantan lainnya. Kombinasikan dengan sayur kacang, tahu, dan sayur nangka. Ditambah urapan pedas dan bumbu kedelai. Dijamin "nendang" banget.

4 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Tulungagung

Nasi Goreng Petruk

Nasi goreng ini sangat berbeda dari nasi goreng biasa. Mengapa? Karena memakai bumbu rendang sebagai bumbu utama. Pastinya bumbu kaya akan rempah-rempah. Rasa daging yang empuk, tekstur nasi yang lembut serta kepedasan yang pas. Sangat nikmat untuk disantap.

Kue Sagon

Kue Sagon bercita rasa manis dan gurih. Arromanya wangi. Bahan dasar kue ini kelapa dicampur tepung ketan. Juga ditambah epung sagu ataupun kanji. Kue ini banyak disajikan saat hari raya lebaran atau hari besar lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.