Sukses

12 Makanan Khas Banyuwangi Paling Hits, Wajib Dicicipi

Banyuwangi punya ragam makanan khas.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Banyuwangi wajib dicicipi saat berkunjung ke daerah ini. Banyuwangi punya banyak potensi wisata yang menarik untuk dieksplor. Tak cuma itu, Banyuwangi kerap menjadi persinggahan wisatawan yang hendak menyeberangi Selat Bali.

Selain keindahan alam dan budayanya yang mengagumkan, Kota Gandrung ini memiliki kuliner khas yang lezat. Kuliner-kuliner ini punya cita rasa yang tidak akan ditemukan di daerah lain. 

Setelah puas mengunjungi destinasi wisata di Banyuwangi, tak lengkap jika tidak singgah mencicipi makanan khas Banyuwangi. Makanan khas Banyuwangi punya keunikan dalam segi rasa maupun nama.

Berikut 12 makanan khas Banyuwangi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(14/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Makanan khas Banyuwangi

Sego Cawuk

Sego Cawuk memiliki rasa gurih dan manis yang berasa ldari kuah pindang. Nasi ini bisa diisi berbagai macam lauk seperti telur pindang, pepes ikan, pepes cumi, pepes telur ikan, kikil, dan dendang manis. Nasi kemudian ditaburi parutan kelapa dan serutan jagung bakar yang dibumbui cabai, bawang merah, bawang putih serta sedikit asam.

Rujak Soto

Rujak soto merupakan kuliner khas Banyuwangi yang berisi paduan rujak sayur dan soto. Soto bisa berupa soto daging sapi, ayam, atau babat. Rujak soto disajikan dengan cara menyiram potongan lontong, irisan timun, potongan tempe, kangkung, tauge, daun turi, daging, babat, kikil, usus, dan sambal kacang, serta petis dengan kuah kuning berempah. Biasanya rujak soto dinikmati bersama es temulawak.

3 dari 7 halaman

Makanan khas Banyuwangi

Pecel Pitik

Pecel Pitik merupakan kuliner khas suku Osing di Banyuwangi. Bahan utama pecel pitik adalah ayam kampung muda yang telah dibumbui dan kemudian dipanggang utuh di perapian. Satu porsi pecel pitik biasanya terdiri dari nasi putih, suwiran ayam potong, aneka sayuran yang dicampur dengan gula merah dan parutan kelapa muda. Pecel pitik memiliki cita rasa pedas dan gurih dari bumbu dan taburan parutan kelapanya.

Sego Tempong

Sego Tempong merupakan makanan khas Banyuwangi yang sangat terkenal. Dalam bahasa Osing, tempong berarti tampar. Dinamai demikian karena rasa pedas dari nasi tempong memberikan sensasi seperti ditampar.

Sego tempong berisi aneka sayuran seperti bayam, kenikir, kol, dan kemangi yang telah direbus. Sayuran kemudian dipadukan bersama nasi dan lauk seperti tahu, tempe, bakwan jagung goreng, dan ikan jambal. Nasi, sayur, dan lauk ini kemudian disiram dengan sambal kacang yang diberi kencur.

 

4 dari 7 halaman

Makanan khas Banyuwangi

Nasi Kalak

Nasi kalak merupakan nasi campur khas Banyuwangi. Nasi ini memiliki rasa pedas dengan beragam lauk di dalamnya. Nasi kalak biasanya berisi nasi, mi, serundeng, sayur, sambal, dan beberapa lauk lainnya.

Sambal Lucu

Makanan khas Banyuwangi ini memang memiliki nama yang cukup unik. Nama “sambal lucu” berasal dari sebuah tanaman yang dinamakan “tanaman lucu” di Banyuwangi. Jenis sambal ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai warung makan atau restoran di Banyuwangi.

5 dari 7 halaman

Makanan khas Banyuwangi

Klemben

Makanan khas Banyuwangi selanjutnya adalah kelemben. Kue ini berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula dan telur serta dibentuk layaknya kura-kura. Klemben ini cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa bertahan cukup lama.

Ladrang

Ladrang atau juga sering disebut dengan sabrang merupakan jajanan atau camilan khas Banyuwangi. Ladrang terbuat dari ubi ungu yang memiliki tekstur rasa renyah. Selain enak dijadikan camilan, jajanan ini juga dipercaya dapat mengobati beberapa jenis penyakit.

6 dari 7 halaman

Makanan khas Banyuwangi

Kue Bagiak

Kue bagiak adalah jajanan atau camilan yang menjadi oleh-oleh khas kota Banyuwangi. Makanan ini terbuat dari tepung sagu yang diolah dengan cara khusus dan disajikan dalam berbagai varian rasa seperti vanila, pandan, durian, kacang, dan lain sebagainya.

Pisang Sale

Pisang sale yang dijual di Banyuwangi disebut-sebut lebih enak dibandingkan pisang sale yang dijual di tempat lain. Perpaduan rasa manis dan gurih dari pisang sale membuat para penikmatnya ketagihan.

7 dari 7 halaman

Makanan khas Banyuwangi

Tape Buntut

Tape khas Banyuwangi ini dibungkus dengan daun jati. Uniknya lagi tape dibentuk seperti memiliki buntut. Sehingga tape ini disebut dengan tape buntut. Tape Buntut merupakan salah satu panganan tradisional suku Osing di Banyuwangi.

Kerupuk Rumput Laut

Kerupuk rumput laut merupakan salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi dengan cita rasa yang unik. Berbeda dengan kerupuk pada umumnya, oleh-oleh khas Banyuwangi ini menggunakan bahan tambahan rumput laut untuk menambah cita rasanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.