Sukses

Tas Tak Bertuan Bertuliskan CO2 Gegerkan Warga Bronggalan Surabaya

Penemuan tas pertama kali diketahui oleh salah satu petugas Linmas sekitar pukul 16.30 WIB, dalam kondisi tergantung di pagar Kantor Kelurahan Pacar Kembang Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Kapolsek Tambaksari AKP Akay Fahli membenarkan tentang ditemukannya sebuah tas tak bertuan berwarna merah bertuliskan CO2 di kantor Kelurahan Pacar Kembang Jalan Bronggalan II, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur.

Penemuan tas tersebut, menurut dia, pertama kali diketahui oleh salah satu petugas Linmas Surabaya sekitar pukul 16.30 WIB, dalam kondisi tergantung di pagar Kantor Kelurahan Pacar Kembang. 

"Iya benar dan sekitar pukul 17.15 WIB, saya koordinasi dengan Polrestabes, kemudian dihubungkan kepada tim gegana dan tim jibom. Selanjutnya pukul 19.00 WIB, tim datang," ujar dia, Rabu malam, 14 Oktober 2020. 

Dia mengungkap, awal mula kejadian saat itu, semua petugas Kelurahan Pacar Kembang Surabaya akan pulang kerja. Namun, saat ditanya satu-persatu oleh petugas linmas, tidak ada yang mengakui pemilik tas tersebut. 

"Terus tidak ada yang mengaku, kemudian petugas tersebut menanyakan ke warga sekitar tidak ada yang tahu juga, kemudian petugas linmas tersebut melaporkan kepada kita," tutur dia. 

"Kemudian anggota kita mengecek lokasi. Tas tersebut bertuliskan CO2, dari itu awalnya khawatir ada apa-apa isinya (diduga) gas beracun dan lain-lain karena tulisannya berbahaya," ia menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cari Rekaman CCTV

Dia menuturkan, setelah tas berwarna merah tersebut diamankan dari Kelurahan Pacar Kembang, setelah dipastikan aman dan dibuka. Petugas tidak ditemukan benda mencurigakan. 

"Setelah lokasi diamankan, lokasi dicek dengan alat dari tim. Ternyata tidak ada serabutan kabel, tidak ada gas," kata dia.

"Setelah dipastikan aman, kemudian dibawa ke polsek, dibuka ternyata isinya cuma satu selang tabung gas, dua regulator tabung gas, satu buku kitab bertuliskan Arab, sama satu masker medis warna hijau, itu saja isinya," ia menambahkan.

Akibat peristiwa ini, lanjutnya, pihaknya akan menyelidiki lebih lanjut dengan mencari rekaman CCTV siapa yang menaruh tas warna merah di pagar Kantor Kelurahan Pacar Kembang di Jalan Bronggalan II itu.  

"Itu nanti, kita akan perdalam, karena kejadiannya baru. Satu kita akan cek apakah ada CCTV, kedua kita akan menanyakan kembali kepada saksi yang melaporkan kepada kita, adakah orang lain selain dia yang melihat," ucapnya. 

"Kita juga akan menanyakan kepada pemilik rumah yang ada di seberang jalan dan ada di sampingnya, sebelumnya adakah orang yang melihat membawa tas itu," ia menambahkan.

Atas kejadian ini, pihak kepolisian agar tidak resah. Ia menuturkan, tas tersebut tidak ditemukan benda mencurigakan.

"Masyarakat jangan resah. Karena tas ini tidak ada isinya, tetap saja berjalan normal. Apalagi masa pandemi seperti ini, apalagi masa Pilwali ini tidak usah dikait-kaitkan," ucapnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.