Sukses

Permohonan Surat Izin Hajatan di Tulungagung Melonjak

Permohonan izin menyelenggarakan hajatan di Kabupaten Tulungagung meningkat sejak lima bulan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Pelonggaran kebijakan acara yang berpotensi mengumpulkan massa terutama kegiatan hajatan keluarga berdampak terhadap permohonan izin menyelenggarakan hajatan di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Permohonan izin menyelenggarakan hajatan di Kabupaten Tulungagung meningkat sejak lima bulan terakhir. Dari sebelumnya pada April hingga Agustus sebanyak 130 permohonan kini menjadi 417 surat rekomendasi berdasar laporan September.

"Permintaan surat rekomendasi meningkat hampir tiga kali lipat dibanding lima bulan lalu," kata Wakil Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung Galih Nusantoro di Tulungagung, seperti dikutip dari Antara ditulis Kamis, (15/10/2020).

Meningkatnya permohonan rekomendasi hajatan tak lepas dari pelonggaran kebijakan acara yang berpotensi mengumpulkan massa, terutama untuk kegiatan hajatan keluarga.

Kendati ada pembatasan jumlah tamu yang hadir, serta tidak diperkenankannya memakai acara hiburan yang berpotensi memicu kerumunan orang, warga yang menggelar hajatan terus meningkat dari waktu ke waktu. Syaratnya, mereka harus mengantongi rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Untuk bisa mendapatkan surat rekomendasi masyarakat harus melengkapi beberapa persyaratan, seperti harus ada penanggung jawab, meminta izin kepada kepala desa terkait tempat, melampirkan jumlah undangan serta layout atau tata letak. Karena nantinya kami yang akan menganalisa apakah di lingkungan tersebut ada transmisi lokal atau tidak," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya Bisa Keluarkan Surat Rekomendasi

Berdasarkan Pusat Data Laporan (Pusdalop) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung, pada September 2020 surat rekomendasi hajatan yang dikeluarkan sebanyak 417 lembar. Sedangkan pada April hingga Agustus, Gugus Tugas Kabupaten Tulungagung hanya mengeluarkan sebanyak 130 surat rekomendasi saja.

"Kalau dibandingkan di masa awal pandemi ya, jadi satu bulan terakhir permintaan rekomendasi memang tengah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni sekitar 417," tutur dia.

Galih mengatakan, hingga saat ini Gugus Tugas Kabupaten Tulungagung hanya bisa mengeluarkan surat rekomendasi untuk hajatan saja. Sedangkan untuk pagelaran kegiatan yang sifatnya peringatan, hiburan yang berpotensi mengundang kerumunan dan tidak bisa dikendalikan. Pihaknya masih belum bisa mengeluarkan izin maupun rekomendasi.

"Jika di acara hajatan ada hiburan dengan mengundang penyanyi masih diperbolehkan. Namun sifatnya hanya pengiring acara, bukan acara inti yang nantinya membuat tamu undangan ikut berjoget," ujar dia.

Dalam menggelar hajatan untuk satu sesi maksimal berdurasi tiga jam. Misalnya, undangan 100 orang dan kapasitas tempatnya hanya untuk 50 orang, maka bisa dibagi menjadi dua sesi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.