Sukses

Dua Wisatawan yang Dilaporkan Hilang di Perairan Banyuwangi Ditemukan Selamat

Dua wisatawan sepasang suami istri yang hilang di perairan Laut Banyuwangi ditemukan selamat pada Sabtu, 17 Oktober 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Dua wisatawan sepasang suami istri yang hilang di perairan Laut Banyuwangi sejak Jumat, 16 Oktober 2020 ditemukan selamat. Suami istri itu hilang saat mengendarai jet ski pribadi.

Pasangan suami istri Agus Ardianto (39) dan Raras (35) asal Semarang, Jawa Tengah, ini ditemukan dalam keadaan selamat di Pantai Merak, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Sabtu, sekitar pukul 09:00 WIB.

"Kami dari Tim SAR gabungan tengah melakukan pencarian, dan pada pukul 08:00 WIB mendapatkan informasi dari Satpol Air yang juga melakukan pencarian bahwa dua korban berhasil menuju daratan di Pantai Bama," ujar Koordinator Pos SAR Banyuwangi Wahyu Setia Budi saat dihubungi di Banyuwangi, Sabtu, (17/10/2020), seperti dikutip dari Antara.

Memperoleh informasi itu, lanjut dia, dua kapal cepat Rigid Inflatable Boat (RIB) Banyuwangi dan RIB Jembrana (SAR Denpasar), yang juga melakukan pencarian langsung menuju Pantai Merak (posisi Pantai Merak berada di barat Pantai Bama, Baluran).

Berdasarkan pengakuan korban, Wahyu menceritakan pertahanan untuk hidup pasangan suami istri asal Semarang itu patu diacungi jempol, karena hampir 14 jam yang bersangkutan terombang-ambing dihantam gelombang laut saat mesin jet ski milik mereka mengalami mesin mati.

"Kami salut kepada Mas Agus dan istrinya, bertahan hidup di tengah laut yang sejak petang kemarin ombaknya bisa mencapai empat meter. Mereka bercerita beberapa kali terjatuh dari jet ski terhempas ombak, namun mereka tak mau menyerah dan kembali ke jet skinya," tuturnya.

Kata Wahyu, pasangan suami istri itu berhasil menuju daratan Pantai Merak, karena berusaha terus menghidupkan mesin jet skinya dan berhasil menghidupkannya.

"Pada pukul 07:00 WIB mereka berhasil menghidupkan mesin jet skinya, dan menancap gas mengarah ke daratan. Mereka sudah berfikir bisa sampai daratan ketika mesin jet ski berhasil dihidupkan," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Wisatawan Hilang di Perairan Banyuwangi

Sebelumnya, wisatawan pasangan suami istri asal Jawa Tengah, itu mengendarai jet ski pribadi dari Pantai Bama, Taman Nasional Baluran, Situbondo, dan akan menuju Pulau Menjangan Jembrana, Bali, tetapi di tengah perjalanan mesin jet ski mati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.