Sukses

6 Taman Pilihan di Surabaya yang Jadi Bagian Kawasan Hijau

Berikut enam taman kota yang terkenal di antara puluhan taman kota yang dimiliki Surabaya, Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta - Dari total luas Kota Surabaya, Jawa Timur yaitu 35.050 hektar, seluas 132 hektar merupakan "kawasan hijau" atau "jalur hijau" yang tersebar di seluruh penjuru Kota Pahlawan ini.

Biasa disebut Ruang Terbuka Hijau (RTH), merupakan suatu area atau jalur yang kawasannya biasanya berada di tengah-tengah kota dan terdapat tumbuhan dan pepohonan hijau. Dibangunnya RTH untuk memperbaiki kualitas udara kota, menurunkan temperatur kota dan juga untuk memperindah kota.

RTH perkotaan juga berfungsi secara ekologis antara lain seperti sabuk hijau kota, hutan kota dan taman kota. Kemudian secara sosial- budaya keberadaan RTH dapat memberikan fungsi sebagai ruang interaksi sosial dan sarana rekreasi.

Bahkan, beberapa orang juga memanfaatkan area jalan di RTH sebagai tempat olahraga, mulai dari jalan santai, jogging bahkan bersepeda.

RTH merupakan komponen alam, yang berperan menjaga keberlanjutan proses di dalam ekosistemnya. Oleh karena itu ruang terbuka hijau dipandang memiliki daya dukung terhadap keberlangsungan lingkungannya.

Dalam hal ini ketersediaan RTH dalam kota minimal sebesar 30 persen dari luas kota. Selain itu, diharapkan RTH mampu mengendalikan keganasan gas-gas berbahaya seperti dari golongan Nox, CO, dan SO2.

Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) PU nomor 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan, diamanatkan bahwa proporsi RTH pada kawasan perkotaan minimal 30 persen, yang terdiri dari 20 persen RTH publik dan 10 persen RTH privat.

Sedangkan data RTH di Kota Surabaya hingga 2018, sudah mencapai 21,79 persen atau sama dengan 7.290,53 hektar dari luas wilayah Surabaya. Dapat diketahui jika RTH di Kota Surabaya saat ini telah memenuhi target luasan RTH sesuai Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2007.

Kemudian, kemampuan pepohonan yang tumbuh dapat dijadikan alasan akan kebutuhan keberadaan RTH. Dengan sistem perakaran yang baik, akan lebih menjamin kemampuan vegetasi mempertahankan dan meningkatkan jumlah dan kualitas air dalam tanah. 

Selain itu RTH juga dapat digunakan oleh umum untuk menggelar berbagai kegiatan, tentunya dengan izin Pemkot Surabaya.

Diciptakannya RTH  oleh Pemkot Surabaya khususnya Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, selain memaksimalkan penggunaan tiap jengkal tanah kosong dengan berbagai pepohonan dan tanaman hijau, tetapi juga menghiasnya dengan tanaman berbunga warna-warni yang tidak saja cantik tapi juga fungsional. 

Kini tugas masyarakat yang mengunjungi RTH di Kota Surabaya, untuk menjaga keindahan, keamanan, kebersihan dan kenyamanannya.

Kerja keras Pemkot Surabaya untuk merealisasikan target RTH tidak sia-sia dan dapat terjaga keindahan dan terasa fungsinya dalam tempo waktu selama mungkin. Terkait RTH, ada fasilitas yang giat dibangun Pemkot Surabaya terutama di bawah kepemimpinan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yaitu taman.

Terdapat taman kota yang dimiliki Surabaya, tapi kali ini Liputan6.com akan membahas  enam saja yang paling banyak diminati.

Berikut enam taman kota yang terkenal di antara puluhan taman kota yang dimiliki Surabaya seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (20/10/2020):

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Taman Bungkul

Taman yang paling banyak dikjunjungi oleh masyarakat Surabaya ini berada di Jalan Protokol Raya Darmo. Taman yang mempunyai luas 900m2 ini punya konsep sport, education, dan entertainment.

Taman ini juga dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari track skateboard dan sepeda, jogging, plaza (sebuah open stage yang bisa digunakan untuk live performance berbagai jenis hiburan), akses internet (Wifi atau Hotspot), telepon umum, arena green park seperti kolam air mancur, dan area pujasera. 

Diresmikan sejak 21 Maret 2007, Taman Bungkul menjadi tempat kumpul- kumpul favorit warga Surabaya, mulai dari anak muda sampai orang-orang tua yang telah keluarga.

Setiap malam, taman yang diambil dari nama Mbah Bungkul (di area taman terdapat makam Mbah Bungkul) ini tidak pernah sepi sebelum ada pandemi.

3 dari 7 halaman

Taman Flora

Asri, hijau, teduh seperti itulah kata yang tepat untuk mendeskripsikan taman yang berlokasi tak jauh dari Terminal Bratang Surabaya ini.

Taman Flora memiliki luas 2,4 hektar yang terletak di bekas Kebon Bibit, Bratang Surabaya.Tak hanya rindang dan hijau, taman yang diresmikan Agustus 2007 ini memang banyak terdapat ratusan jenis pohon.

Tak hanya berbagai jenis tumbuhan yang menghiasi, taman yang disebut juga dengan Tekno Park ini juga memiliki beberapa kandang fauna, mulai dari kandang rusa Tutul, rusa Bawean, sangkar burung berukuran cukup besar dan kolam ikan beserta air mancur.

4 dari 7 halaman

Taman Prestasi

Di taman seluas 6.000 m2 ini dapat menyaksikan replika penghargaan yang pernah diraih Kota Surabaya, seperti Wahana Tata Nugraha, Adipura Kencana, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, taman ini mendapat sebutan taman Prestasi. Taman yang berada di Jalan Ketabang kali, Kota Surabaya ini dihiasi sekitar 21 jenis tanaman sehingga terlihat cantik dan bernuansa nyaman untuk melepas penat. 

Taman Prestasi juga dilengkapi dengan panggung terbuka, panggung teater, dan sarana permainan anak. Tak hanya itu, karena letaknya berada di pinggir Kalimas, pengunjung bisa menikmati petualangan menyusuri Kalimas dengan perahu naga atau perahu dayung.

5 dari 7 halaman

Taman Apsari

Taman Apsari adalah taman yang letaknya ada di depan kantor Gubernur Jawa Timur, Gedung Grahadi. Memiliki luas 5.300 meter persegi, taman yang di dalamnya terdapat terdapat Patung Suryo dan Joko Dolog ini dihiasi dengan kurang lebih 20 jenis bunga.

Letak taman yang berada di tengah kota, membuat taman ini tak pernah sepi di malam hari dan banyak anak muda yang menjadikan taman peninggalan Belanda ini sebagai tempat nongkrong.

6 dari 7 halaman

Taman Pelangi

Jika melewati jalan Ahmad Yani, Kota Surabaya,bisa menyempatkan untuk rehat sejenak di area taman ini. Taman yang terdapat air mancurnya ini tak bisa dilewatkan.

Selain itu, taman yang tepat berada di depan Kantor Bulog ini akan terlihat lebih cantik dan indah waktu malam hari. Adanya lampu warna-warni menyerupai pelangi, akan tampak indah dengan paduan suara gemericik dari semburan air mancur.

7 dari 7 halaman

Taman Lansia

Taman bekas sebuah SPBU di Jalan Kalimantan Surabaya ini memang unik. Taman ini memang diperuntukkan khususnya untuk para lanjut usia tapi juga dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

Beragam varietas tanaman dan bunga cantik menghiasi taman ini. Selain itu juga tersedia track yang khusus dibuat demi kenyamanan lansia pengguna kursi roda.

Ada pula tempat duduk nyaman untuk para keluarga atau kerabat yang menemani para lansia menikmati suasana kota di pagi atau sore hari. Kesejukan suasana di taman ini kian segar oleh keberadaan air mancur di tengah taman seluas 2.000m2 ini.

 

(Ihsan Risniawan-UNY)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.