VIDEO: Waduk Gonggang Magetan Kering Kerontang, Warga Berharap Hujan Segera Turun

VIDEO: Waduk Gonggang Magetan Kering Kerontang, Warga Berharap Hujan Segera Turun

Ratusan hektar lahan pertanian di empat kecamatan, di Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengalami kekeringan. Kekeringan terjadi, akibat menyusutnya debit air Bendungan Gonggang, yang seharusnya mampu mengairi lahan pertanian seluas 1.223 hektar.

Sedikitnya 611 hektar lahan pertanian milik petani di empat kecamatan, yaitu Poncol, Parang, Lembeyan, dan di Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, mengalami kekeringan. Para petani hanya bisa pasrah, dan berharap hujan segera turun, agar mereka bisa kembali bercocok tanam.

"Kering semua kering, terpaksa nanam tidak berhasil, mati, tidak ada air," ujar Sugiman, Petani.

Kondisi Waduk Gonggang, di Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, sudah hampir 3 bulan ini, debit air di bendungan yang memiliki tinggi kurang lebih 60 meter, panjang sekitar 234 meter, mengering.

Bahkan saat ini, dasar waduk sudah mulai retak-retak akibat kekeringan. Waduk Gonggang, ketika kondisi normal mampu menampung air hingga 22 juta meter kubik. Demikian dilansir pada Liputan6, 20 Oktober 2020.

Karena tidak ada air, para petani membiarkan lahannya terbengkalai. Jika memaksa ditanami, akan mati dan mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 21 October 2020, 10:20 WIB

Video Terkait

Spotlights