Sukses

7 Makanan Khas Madura Ini Wajib Dicicipi, Tak Selalu Sate

Dikenal akan Sate, Pulau Madura juga memiliki beragam kuliner lezar lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Pulau Madura yang berada di provinsi Jawa Timur ini juga dikenal dengan sebutan pulau garam. Bukan hanya dikenal karena penghasil garam saja, akan tetapi pulau ini juga cukup dikenal akan sejarah serta wisatanya.

Namun, berbicara mengenai Pulau Madura tak bisa dilepasakan dengan kulinernya. Salah satu makanan khas Madura yang cukup dikenal ialah sate. Makanan khas Madura satu ini pun bisa dengan muda di temukan hampir di seluruh kota di Indonesia.

Akan tetapi makanan khas Madura bukan hanya sate saja. Beberapa makanan khas Madura lainnya pun bisa menjadi pilih dan wajib untuk dicicipi saat berkunjung ke Pulau Garam ini.

Penasaran makanan khas Madura Apa saja yang bisa kamu cicipi saat berkunjung? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa menu makanan khas Madura yang wajib di cicipi selain sate, Rabu (21/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Rujak Corek

Rujak Corek merupakan salah satu makanan khas Madura yang cukup jarang ditemukan. Berbeda dengan rujak pada umumnya dengan berbagai buah-buahan, rujak satu ini hanya membutuhkan sebuah timun saja. Timun yang telah dikupas kemudian dibersihkan pada bagian tengahnya tanpa dipotong atau dengan cara dikeruk. Setelah itu, diisi dengan bumbu khusus untuk Rujak Corek.

3 dari 8 halaman

2. Kaldu Kokot

Makanan khas Mdura lainnya ialah Kaldu Kokot. Kaldu Kokot sendiri merupakan makanan dengan bahan dasar tulang sapi yang dimasak dengan berbagai rempah. Yang menarik dari makanan ini ialah kaldunya yang kaya rasa serta sumsum yang lembut sekaligus gurih. Kaldu Kokot sendiri biasa disajika dengan nasi ataupu lontong.

4 dari 8 halaman

3. Soto Mata Sapi

Seperti dengan namanya, soto satu ini pun menggunakan mata sapi serta tulang sapi sebagai bahan utamanya. Soto mata sapi ini merupakan salah satu makanan khas Madura yang juga wajib untuk dicicipi. Bukan hanya karena namanya saja, akan tetapi cita rasa soto ini juga kerap menjadi incaran masyarakat. Diolah dengan berbagai bumbu rempah khasnya, soto mata sapi ini pun cukup digemari masyarakat.

5 dari 8 halaman

4. Nasi Serpang

Nasi serpang merupakan makanan khas Madura yang cukup banyak ditemukan di daerah Bangkalan. Menu satu ini merupakan nasi campir khas Madura dengan berbagai lauk dan berbagai hidangan pendamping lainnya. Nasi serpong sendiri biasanya dilengkapo dengan telur asin, dendeng sapi, kerang, udang, pepes tongkol, mie soun, tahun serta kerupuk kulit dan kemudian disiram dengan kuah santan. Bagi pecinta makanan pedas kamu juga bisa menambahkan sambal terasi untuk menambah kenikmatan saat bersantap.

6 dari 8 halaman

5. Bebek Songkem

Tak selalu menyajikan makanan berbahan daging sapi saja, makanan khas Madura satu ini berbahan dasar bebek. Bebek songkem sendiri merupakan makanan khas Madura yang cukup dinikmati oleh masyarakat. Cara pembuatan bebek songkem ini pun hampir mirip dengan pengolahan pepes.

Bebek yang telah dibumbui dengan berbagai rempah ini dibungkus menggunakan daun pisang kemudian di kukus. Bebek songkem ini juga sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

7 dari 8 halaman

6. Kue Apem Madura

Kue apem Madura merupakan salah satu jajanan tradisional yang mulai jarang ditemukan. Kue dengan bahan dasar jahe dan kayu manis ini disajikan dengan menggunakan saus dari gula merah yang disiram pada bagian permukaan kue apem. Aroma rempah yang khas pada kue apem Madura juga menjadi daya tarik tersendiri.

8 dari 8 halaman

7. Lorjuk

Lorjuk merupakan salah satu kerang laut bercangkang panjang yang dapat di temui di Pulau Madura. berbagai olahan berbahan dasar Lorjuk ini pun bisa kamu temui saat berkunjung ke Pulai Garam ini. Mulai dari tumis, goreng hingga camilan. Memiliki rasa gurih, Lorjuk juga diketahui tinggi akan protein.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.