Sukses

Pimpinan Ponpes Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat, Khofifah Sampaikan Belasungkawa

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi, MA pada Rabu, 4 Oktober 2020.

"Telah berpulang ke Rahmatullah, Dr K.H.Abdullah Syukri Zarkasyi, MA (Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor), Rabu, 4 Rabi’ul Awwal 1442/21 Oktober 2020 pukul 15.50 WIB," tulis Khofifah, dikutip dari akun instagram resmi @khofifah.ip.

Khofifah menulis, atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan pribadi menyampaikan duka cita mendalam.

"Atas nama Pemprov Jatim dan pribadi., kami menyampaikan duka cita mendalam. Ini adalah kesekian Indonesia kehilangan ulama-ulama sholeh di tahun ini. InsyaAllah, husnul khatimah dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin. Al-Fatihah," tulis dia.

Mengutip keterangan tertulis, Khofifah mengatakan, jasa almarhum K.H Abdullah Syukri Zarkasyi sangatlah besar untuk Indonesia khususnya bagi dunia pendidikan.

Alumni Gontor pun telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia. Di antara mereka banyak yang menjadi menteri, kepala daerah, rektor, duta  besar, budayawan, dan berbagai profesi serta jabatan strategis lainnya.

"Tidak ada yang tidak mengenal Gontor. Alumninya pun sangat disegani di seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia. Kiprah alumninya pun sudah tidak diragukan lagi baik di kancah nasional maupun internasional," tutur dia.

2 dari 2 halaman

Pimpinan Pondok Pesantren Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi Meninggal Dunia

Sebelumnya, mengutip Kanal News Liputan6.com, kabar duka datang dari keluarga besar Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur. KH Abdullah Syukri Zarkasyi, salah satu pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Gontor meninggal dunia. 

Kabar wafatnya Kiai Abdullah  disampaikan adiknya, Prof Amal Fathullah, yang juga Rektor Unida Gontor.

“Telah wafat Bapak KH Abdulllah Syukri Zarkasyi di Rumah Gontor Jam 15.50,” ucap Amal dalam pesan singkat yahg diterima, Rabu, 21 Oktober 2020.

Amal mengatakan, Abdullah meninggal akibat sakit. Semoga dosanya di ampuni,  dan amal ibadahnya terima Allah SWT. Dan semoga Husnul Khatimah. Amin," ucap Amal.

Abdullah Syukri Zarkasih Lahir di Gontor pada 19 September 1942, almarhum menamatkan Sekolah Dasar di desa Gontor pada tahun 1954.

Setelah menamatkan Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor pada tahun 1960 melanjutkan studi di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga mendapatkan gelar Sarjana Muda pada 1965.

Adapun gelar Lc didapat dari Al-Azhar University Kairo, Mesir pada tahun 1976. Kemudian melanjutkan studi di lembaga yang sama hingga meraih gelar MA.

Pada 1978, dan gelar Doctor Honoris Causa pada 2005 dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.