Sukses

Peringati Hari Santri Nasional 2020, PWNU Jatim Imbau Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengingatkan kepada seluruh pihak untuk memaknai kembali jasa dan keberanian para kyai maupun santri ketika melawan penjajah dalam peristiwa pertempuran 10 November 2020 di Surabaya, Jawa Timur.

Perang tersebut didahului dengan fatwa Jihad Rois Akbar NU yang dikukuhkan melalui resolusi Jihad, NU 22 Oktober 1945. 

Pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional untuk mengenang dan melanjutkan semangat juang kaum santri dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara.

"Semua kepengurusan dalam menperingati Hari Santri tak boleh melepaskan diri dari momen Resolusi Jihad sebagai bukti sejarah betapa besar peran dan kontribusi para kyai, santri dan pesantren bagi negeri ini," tegas KH Anwar Iskandar, Wakil Rois Syuriyah PWNU Jatim.

Namun, karena saat ini di tengah pandemi COVID-19, PWNU Jatim mengingatkan kepada kepengurusan PCNU, MWC hingga ranting dan anak ranting untuk tetap menerapkan dan memperhatikan protokol kesehatan sebagaimana diserukan pemerintah.

PWNU Jatim telah menyusun dan mempersiapkan agenda kegiatan dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional. Puncak acara akan dihelat di Auditorium PWNU Jatim dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat. 

Sebelumnya telah digelar beberapa rangkaian acara mulai apel virtual, webinar satgas Covid-19 pesantren, istighosah santri, video competition, hingga penulisan buku sejarah perjuangan santri.

Dua wakil sekretaris PWNU Jatim, HA Hakim Jayli dam Mujib Syadizili ditunjuk sebagai ketua dan sekretaris panitia, dilansir dari pwnujatim.or.id, ditulis Rabu (21/10/2020).

2 dari 4 halaman

Agenda Kegiatan Hari Santri Nasional PWNU Jatim

Pada tema Hari Santri Nasional 2020 kali ini bertajuk "Santri Sehat Indonesia Kuat". Isu kesehatan ini diangkat berdasarkan kondisi yang terjadi saat ini di dunia, termasuk Indonesia pada masa pandemi COVID-19.

Berdasarkan Panduan Peringatan Hari Santri 2020 yang diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. 

Untuk memperingati dan memaknai Hari Santri Nasional, PWNU Jawa Timur akan mengadakan berbagai agenda kegiatan. 

Berikut sembilan agenda peringatan Hari Santri 2020 PWNU Jawa Timur:

1. Resepsi Hari Santri 2020

Malam Budaya, Launching Program Ekonomi NU Jatim dan Pusat Pelayanan Kesehatan ‘kyai Health Center’ NU Jatim, pada 23 Oktober, pukul 19.00-21.00 WIB. Berlokasi di Auditorium Lantai 3 Kantor PWNU Jatim di Surabaya.

2. Live Apel Hari Santri 2020 (New Normal Version)

Upacara bendera dan orasi Hari Santri Nasional 2020 Ketua PWNU Jatim, live dari 9 pesantren dan diikuti seluruh PCNU se Jatim, pada 22 Oktober, pukul 07.00-09.00 WIB. Agenda ini diorganisir oleh Rabithah Ma’ahid Islami (RMI) PWNU Jawa Timur.

3. Istighosah Santri untuk Keselamatan Bangsa

Majelis dzikir serentak, dipimpin dari Aula Salsabila PWNU Jatim, diikuti secara virtual oleh Pondok Pesantren, PCNU ataupun MWC dan 500 titik Majelis Ratib Haddad Rijalul Ansor (RA) GP Ansor Jatim. Acara ini dilaksanakan pada 21 Oktober, pukul 19.00-21.00 WIB.

4. Webinar Satgas Covid-19 Pesantren se- Jawa Timur

Konsolidasi Tim Satgas Pesantren, dengan topik webinar ‘ Adaptasi Kebiasaan Baru di Kalangan Santri’, dilaksanakan pada 14 Oktober 2020,13.00-18.00 WIB. Digelar bersama Asosiasi Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (ARSINU), Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU), Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU),Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU), dan pesantren.

3 dari 4 halaman

Pembentukan Kyai Health Center

5. Pembentukan Kyai Health Center 

Layanan Konsultasi, Pemeriksaan dan pengobatan Kesehatan (termasuk test PCR) untuk para Kyai dan Ustadz juga Pimpinan NU di Kantor PWNU Jatim, RSI NU seluruh Jatim bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, dimulai 23 Oktober 2020. Kerja bersama LKNU, ARSINU, PDNU, LKNU, RMI & LPBI PWNU Jatim.

6. Video Vlog Competitions

Ajang kompetisi milenial santri atau pelajar dengan tema : 

(1) Disiplin Protokol Kesehatan di Pesantrenku. (2) Tradisi Roan, Bersih-bersih Pesantren. 

(3) Tausiyah Kyai atau Ustadz & Testimoni Menjaga Diri dari Covid19. Diadakan oleh IPNU Jatim. Dilaksanakan pada 11 hingga 20 Oktober 2020.

7. Santri Music Cover Competition

Ajang kreasi seni antar santri atau pelajar milenial. Lomba video musik religi, kontemporer dan/atau Seni Tradisi Santri/Aswaja/NU. Acara dilaksanakan pada 11-20 Oktober 2020, diadakan oleh IPPNU Jatim.

8. Lomba Karya Tulis Peran Pesantren dalam Perjuangan Bangsa

Dengan tema menggali khazanah sejarah peran kyai dan santri dalam revolusi fisik merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI. Kompetisi digelar untuk pesantren ataupun PCNU, Diadakan oleh Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU), Lakpesdam NU dan RMI PWNU Jatim. Acara dilaksanakan sejak bulan Oktober hingga Desember 2020.

9. Riset dan Penulisan Sejarah Kyai dan Santri dalam Perjuangan Bangsa

Penelitian, penulisan dan penerbitan Buku Putih dan penelusuran tokoh NU yang layak mendapatkan anugerah Pahlawan Nasional. Diadakan oleh Tim Riset dan Penulis PWNU Jatim, dan dimulai dari Oktober 2020 hingga Oktober 2021.

 

(Ihsan Risniawan-FIS UNY)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini