Sukses

Ribuan Pelayat Antar Pimpinan Pondok Gontor KH Abdullah Syukri Zarkasyi ke Peristirahatan Terakhir

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan pelayat ikut mengantar dan menyaksikan secara langsung pemberangkatan jenazah Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor , KH Abdullah Syukri Zarkasyi, pada Kamis, (22/10/2020) ke tempat peristirahatan terakhir.

Sebelum diberangkatkan, jenazah disalatkan terlebih dahulu oleh ribuan pelayat di masjid Pondok Modern Darussalam Gontor.

Setelah disalatkan, salah satu Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH Hasan Abdullah Sahal memimpin doa untuk keberangkatan jenazah.

Amal Fathullah Zarkasyi sebagai wakil dari keluarga almarhum KH Abdullah Syukri Zarkasyim menyampaikan ucapan  terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menghadiri pemakaman.

"Saya mewakili keluarga almarhum KH Syukri Zarkasyi  mengucapkan terima kasih kepada yang ikut mendoakan almarhum," ujar dia.

 "Atas nama keluarga besar almarhum, apabila almarhum mempunyai kesalahan semasa hidupnya supaya dimaafkan," ia menambahkan.

Sebelumnya, almarhum Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. akan dimakamkan pada hari ini, Kamis, 22 Oktober 2020 di pemakaman keluarga PMDG.

Hal ini diketahui dari Sekretaris Pimpinan PMDG melalui website Gontor.

Berikut rangkaian proses pemakaman almarhum. Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A.

– 09.00 WIB Jenazah disholatkan oleh seluruh Keluarga Besar PMDG di Masjid Jami’ PMDG.

– 10.00 WIB Jenazah dimakamkan di Pemakaman Keluarga PMDG.

"Bagi yang berkenan takziyah, dipersilahkan datang besok pagi pukul 09.00 WIB, dan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, serta mencuci tangan di tempat yang telah disediakan," ucap Sekretaris Pimpinan PMDG pada situs resminya, Rabu, 21 Oktober 2020.

 

Simak berita menarik lainnya dari Times Indonesia di sini

2 dari 3 halaman

Khofifah Sampaikan Duka Cita Mendalam

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi, MA pada Rabu, 4 Oktober 2020.

"Telah berpulang ke Rahmatullah, Dr K.H.Abdullah Syukri Zarkasyi, MA (Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor), Rabu, 4 Rabi’ul Awwal 1442/21 Oktober 2020 pukul 15.50 WIB," tulis Khofifah, dikutip dari akun Instagram resmi @khofifah.ip.

Khofifah menulis, atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan pribadi, dia menyampaikan dukacita mendalam.

"Atas nama Pemprov Jatim dan pribadi, kami menyampaikan duka cita mendalam. Ini adalah kesekian Indonesia kehilangan ulama-ulama sholeh di tahun ini. InsyaAllah, husnul khatimah dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin. Al-Fatihah," tulis dia.

Mengutip keterangan tertulis, Khofifah mengatakan, jasa almarhum K.H Abdullah Syukri Zarkasyi sangatlah besar untuk Indonesia, khususnya bagi dunia pendidikan.

Alumni Gontor pun telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia. Di antara mereka banyak yang menjadi menteri, kepala daerah, rektor, duta  besar, budayawan, dan berbagai profesi serta jabatan strategis lainnya.

"Tidak ada yang tidak mengenal Gontor. Alumninya pun sangat disegani di seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia. Kiprah alumninya pun sudah tidak diragukan lagi baik di kancah nasional maupun internasional," tutur dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini