Sukses

Jurus Menparekraf Agar Desa Wisata Masuk Ekosistem Digital

Sandiaga memastikan pihaknya akan totalitas dalam melakukan pendampingan. Ini demi terjadinya perbaikan ekonomi dari sektor pariwisata di masa pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno ingin agar desa wisata masuk ke dalam ekosistem digital. Sejumlah langkah telah disiapkan Sandiaga untuk mewujudkan hal tersebut.

Pertama, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan melakukan pendampingan pada desa-desa wisata di Indonesia. Pendampingan ini bertujuan agar UMKM di desa wisata dapat memasarkan produk mereka baik melalui media sosial maupun marketplace.

"Nanti ada dua deputi yang diterjunkan. Deputi yang membidangi pengembangan destinasi yaitu Deputi 3 dan Deputi 7 yang membidangi teknologi digital," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Kamis (11/3/2021).

Sandiaga memastikan pihaknya akan totalitas dalam melakukan pendampingan. Ini demi terjadinya perbaikan ekonomi dari sektor pariwisata di masa pandemi COVID-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerjasama dengan Pemda

Dalam proses pendampingan ini, pria yang akrab disapa Mas menteri ini mengatakan bahwa Kemenparekraf tak bekerja sendiri. Pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintah daerah.

"Kita ingin pendampingan segera. Pokoknya kita akan all out mendampingi, karena saya menyakini, selain pelatihan harus didampingi, di on boarding. Setelah itu kita pastikan mereka memiliki akses ke pasar, akses kepada permodalan dan juga akses untuk mereka skill up," kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.