Sukses

Libur Panjang Akhir Oktober 2020, KAI Daop 8 Surabaya Operasikan 23 Perjalanan KA

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) Daop 8 Surabaya operasikan 46 KA lokal selama libur panjang akhir Oktober 2020.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) Daop 8 Surabaya mengoperasikan 23 kereta api (KA) jarak menengah/ jauh dan 46 KA Lokal selama masa liburan Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober 2020.

Perjalanan KA tersebut untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pelanggan pada masa libur panjang tersebut.

"Pada masa libur panjang akhir pekan nanti, KAI Daop 8 Surabaya siap melayani pelanggan dengan mengoperasikan 23 perjalanan KA jarak menengah/jauh dan 46 KA lokal. Dengan begitu akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat," ujar Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, (23/10/2020).

KA favorit bagi masyarakat di wilayah Daop 8 Surabaya yang dapat dipesan saat libur panjang akhir pekan nanti yatu KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir/pp, KA Harina relasi Surabaya Pasar Turi - Cirebon - Bandung/pp, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Jakarta Kota /pp.

Kemudian KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen pp, KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir/pp, KA Gajayana relasi Malang - Gambir/pp, KA Tawang Alun relasi Malang Kota Lama - Ketapang/pp dan berbagai KA lainnya.

KA jarak menengah /jauh tersebut berangkat dari tiga stasiun pemberangkatan awal yaitu 7 KA dari Stasiun Surabaya Pasar Turi, 11 KA dari Stasiun Surabaya Gubeng dan 5 KA dari Stasiun Malang.

Sementara tujuan dari 23 KA jarak menengah/jauh tersebut antara lain ke arah Jakarta melalui jalur utara (lewat Cirebon) sebanyak 11 KA, ke arah Jakarta melalui jalur Selatan (lewat Bandung) sebanyak 3 KA.

Tujuan akhir ke Bandung sebanyak 2 KA, ke tujuan Jember/ Banyuwangi sebanyak 4 KA dan masing-masing 1 KA ke tujuan akhir menuju ke arah Semarang, Lempuyangan (Jogyakarta) serta Cilacap.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiket Dapat Dipesan Lewat Aplikasi

Tiket KA saat libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Dapatkan Railpoint dari setiap pembelian tiket KA jarak jauh komersial dengan melakukan registrasi pada aplikasi KAI Access versi terbaru.

Selain itu, dengan melakukan transaksi tiket KA di aplikasi KAI Access, pelanggan dapat langsung memesan Taksi Bluebird untuk melanjutkan perjalanan dari stasiun kedatangan ke tujuan akhir secara praktis.

Untuk informasi terkait perjalanan KA pada masa Long Weekend selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, dan media sosial KAI 121.

 

3 dari 3 halaman

Protokol Kesehatan

Suprapto menuturkan, pihaknya tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan pada libur panjang akhir pekan.

Ada dua jenis protokol kesehatan yang diterapkan antara lain protokol kesehatan bagi penumpang KA jarak menengah/jauh dan protokol kesehatan penumpang KA lokal.

Protokol tersebut seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat, bermasker, menggunakan baju lengan panjang  dan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan) bagi penumpang KA Jarak Menengah/ Jauh.

"Sementara untuk penumpang KA Lokal tidak perlu surat bebas COVID-19. Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia," tegas Suprapto.

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan bagi penumpang KA Jarak Menengah/Jauh, KAI Daop 8 Surabaya bekerja sama dengan PT RNI menyediakan layanan rapid test di 5 stasiun, yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto.

Penyediaan layanan rapid test di stasiun bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.