Sukses

VIDEO: Kini Deteksi COVID-19 dalam 5 Jam di Ponorogo Berkat Lab PCR

Liputan6.com, Jakarta - Masih banyaknya warga terpapar COVID-19, menuntut tim medis bisa mendeteksi COVID-19 lebih dini, agar segera bisa ditangani.

Upaya itu diwujudkan sebuah rumah sakit di Ponorogo, Jawa Timur, dengan laboratorium PCR yang bisa mendeteksi pasti COVID-19 dalam waktu 5 jam, hingga 100 spesimen tiap hari. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, 22 Oktober 2020.

Laboratorium Real Time Polymerase Chain Reaction, atau RT-PCR ini berada di Rumah Sakit Umum Aisyiyah, Ponorogo, Jawa Timur. Alat ini bisa mendeteksi keberadaan sel, bakteri, maupun virus, hingga 100 sampel per hari.

Alat ini bisa memangkas waktu pendeteksian Covid-19 hanya dalam 5 jam, terutama di wilayah Ponorogo. Sebelumnya, tim medis harus mengirim, specimen swab test pasien, ke Surabaya atau Tulungagung, dengan kisaran waktu menunggu hasil, antara 5 hingga 10 hari.

Selain lebih cepat, alat PCR yang ada di Rumah Sakit Umum Aisyiyah Ponorogo ini, nantinya akan menjadi rujukan dari lima kabupaten tetangga, yakni, empat kabupaten di Jawa Timur, Pacitan, Magetan, Madiun, Ngawi, dan satu kabupaten di Jawa Tengah, yakni, Wonogiri.

"Dengan adanya bahan ini yang selama ini kita hasil swab-nya dikirim ke Surabaya, Tulungagung, bahkan awalnya dulu ke Jakarta, Alhamdulillah bisa dilaksanakan di Ponorogo dalam waktu yang singkat tentunya," ungkap Soedjarno, Plt Bupati Ponorogo.

Dengan diresmikannya laboratorium PCR ini, diharapkan pemerintah bisa lebih cepat mendeteksi, menangani, dan mencegah penularan COVID-19.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.